Pemprov Banten bantu perbaikan rumah rusak terdampak gempa Pandeglang

id gempa pandeglang

Pemprov Banten bantu perbaikan rumah rusak terdampak gempa Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menerima Plt Kepala BPBD Provinsi Banten Kusmayadi, Selasa (6/8). ANTARA Foto/HO/Humas Pemkab Pandeglang/Sambas.

Pandeglang (ANTARA) - Provinsi Banten akan membantu perbaikan rumah warga Pandeglang yang rusak akibat diguncang gempa magnitudo 6,9 pada Jumat malam (2/8), dalam bentuk uang tunai.

"Yang rumahnya rusak ringan akan kami bantu Rp5 juta, rusak sedang Rp10 juta," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Kusmayadi saat bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Selasa.

Menurut dia, awalnya Pemprov Banten juga akan membantu warga yang rumahnya rusak berat sebesar Rp25 juta, namun ada infotmasi jika rusak berat akan dibantu BNPB, jadi dibatalkan.

"Yang rusak berat akan dibantu langsung BNPB dengan dibangunkan rumah model Rumah Instan Sehat Sederhana (RISSA)," jelasnya.

Baca juga: Dampak gempa Pandeglang, 63 rumah di Lebak rusak

Terkait realisasi bantuan, Kusmayadi menjamin jika SK tanggap darurat sudah selesai, bantuan ini sudah dapat langsung dicairkan."Jika SK-nya sudah selesai, silakan ajukan bisa langsung dicairkan," ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan jika SK tanggap darurat sudah selesai tinggal pengajuan."Kami akan segera ajukan agar bantuan bisa segera terealisasi untuk warga kami yang tertimpa bencana. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemprov Bantuan yang telah digulirkan," ujarnya.

Data sementara untuk rumah roboh akibat gempa sebanyak 553 rumah yang tergabung dalam rusak ringan, sedang, dan berat. "Kita akan segera plenokan agar bisa segera diajukan," ujarnya.

Baca juga: Staf Ahli Menteri PUPR tinjau lokasi gempa pastikan kebutuhan bantuan
Baca juga: Wabup Pandeglang serahkan bantuan untuk warga terdampak gempa

Pewarta : Sambas
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar