Perjuangan Pahlawan Hasan Basry diteladani prajurit TNI AL

id KRI Hasan Basri, pahlawan nasional Hasan Basri. ,Letkol Laut (P) John David Nalasakti, Lanal Banjarmasin, ziarah Hasan Basri

Perjuangan Pahlawan Hasan Basry diteladani prajurit TNI AL

Seluruh kru KRI Hasan Basri saat ziarah ke Taman Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) Hasan Basri. (ANTARA/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Perjuangan Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri yang berhasil memproklamasikan kedudukan Kalimantan sebagai bagian dari Republik Indonesia pada 17 Mei 1949 atau yang dikenal Proklamasi Kalimantan selalu diingat karena jadi tinta emas catatan sejarah bangsa.

Atas jasa-jasanya itulah, sosok pahlawan asal Bumi Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan diteladani prajurit TNI Angkatan Laut.

"Kamu datang ke sini sebagai wujud rasa hormat kepada pejuang yang sudah sepatutnya diteladani," ucap Komandan KRI Hasan Basri (382) Letkol Laut (P) John David Nalasakti di Banjarbaru, Selasa.

Hal itu disampaikannya saat bersama seluruh kru KRI Hasan Basri yang dipimpinnya berziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H Hasan Basri di Bundaran Liang Anggang, Banjarbaru.

Menurut John David, dia ingin mengenalkan lebih dekat kepada para prajuritnya bahwa nama kapal perang yang mereka awaki diambil dari nama pahlawan asal Kalimantan Selatan tersebut.

Sehingga kesempatan bisa sandar di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dimanfaatkan untuk sekaligus berziarah ke makam pahlawan yang juga berjasa dalam dunia pendidikan sebagai salah satu sosok penting pendiri Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu.

 
Komandan KRI Hasan Basri Letkol Laut (P) John David Nalasakti di Makam Pahlawan Brigjen TNI (Purn) Hasan Basri. (antara/foto/firman)


KRI Hasan Basri sendiri saat ini sebagai kapal markas dalam Operasi Gabungan Busur Ambalat-19 untuk pengamanan perbatasan di bawah kendali Gugus Tempur Laut Komando Armada II (Guspurla Koarmada II) yang bermarkas di Surabaya.

"Selain operasi pengamanan laut, kami juga punya tugas tambahan operasi SAR jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam kegiatan penyelamatan, evakuasi dan sebagainya," kata John David yang mengomando KRI Hasan Basri sejak 20 Maret 2019.

Turut hadir dalam ziarah itu Asisten Logistik Guspurla Koarmada II Letkol Laut (T) Sulastono dan Paban Komplek Guspurla Koarmada II Letkol Laut (P) Andik Sanjaya serta Palaksa Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) M Hadi Cahyadi bersama jajaran.

 

Pewarta : Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar