Wapres dorong keterlibatan aktif pelaku e-commerce kembangkan UMKM dalam negeri

2589 Views

Silaturahmi antara Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H.Ma’ruf Amin dan Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, Rabu 20 November 2019 di Kantor Wakil Presiden RI

Jakarta (ANTARA) -- Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin mendorong para pelaku usaha e-commerce untuk terlibat aktif dalam pengembangan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air guna mendukung percepatan perkembangan ekonomi nasional.

Demikian disampaikan Wapres saat bertemu perwakilan e-commerce terkemuka di Indonesia, Shopee, pada Rabu (20/11) di Kantor Wakil Presiden RI.

"Shopee diharapkan dapat terus membantu UMKM lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online," ujar Wapres Ma'ruf.

Pada kesempatan tersebut, Shopee yang diwakili oleh Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja memaparkan progres pengembangan UMKM melalui program ekspor Kreasi Nusantara 'Dari Lokal untuk Global', yakni ke Malaysia dan Singapura. Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

Bahkan para pelaku UMKM terpilih juga dilibatkan dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang diselenggarakan serentak di semua negara dimana Shopee beroperasi.

Tak hanya itu, dalam rangka menyukseskan program Santripreneur yang dicanangkan Kementerian Perindustraian untuk mendorong penumbuhan wirausaha baru di lingkungan pondok pesantren, sebagai pengimplementasian Peta Jalan Making Indonesia 4.0 dalam pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Atas segala inovasi Shopee terhadap pengembangan UMKM, Wapres Ma'ruf menyatakan apresiasinya. "Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan," ujar wapres.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, di tahun keempat Shopee beroperasi di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk membantu UMKM untuk lebih berkembang di tengah era digital.

"Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Shopee turut memperkenalkan Shopee Barokah sebagai destinasi gaya hidup muslim satu atap yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar