Mamuju (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan menyiapkan operasi pasar (OP) untuk mengantisipasi bila kenaikan harga sembako menjelang  Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Pemerintah saat ini menyiapkan langkah langkah untuk mencegah sembako naik menjelang lebaran, agar tidak membebani ekonomi masyarakat," kata Wagub Sulbar, Enny Angraeni Anwar, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, pemerintah segera akan melakukan rapat koordinasi secepatnya untuk melaksanakan operasi pasar kalau seandainya harga sembako semakin naik dipasaran.

"Pemerintah segera mengundang seluruh dinas terkait untuk melakukan operasi pasar sebagai langkah mengantisipasi kenaikan harga sembako," katanya.

Menurut dia, pemantauan sementara pemerintah dipasaran kota Mamuju telah terjadi kenaikan harga sembako meskipun masih tetap dijangkau masyarakat.

"Harga sudah naik dipasaran untuk sejumlah komoditi, sehingga pemerintah akan melakukan persiapan melaksanakan operasi pasar untuk mencegah sembako dipasaran harganya semakin naik," katanya.

Ia mengatakan, mengenai ketersediaan sembako pemerintah menjamin sembako dipasaran akan tetap terdia memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Jadi masyarakat jangan khawatir akan kelangkaan sembako karena akan tetap tersedia, yang terpenting sekarang dilaksanakan pemerintah adalah mengendalikan harga dipasaran agar tetap dapat dijangkau masyarakat," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024