Makassar (Antaranews Sulsel) - Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Selatan kembali memberikan kesempatan bagi kader dan pemuda Sulsel untuk magang kerja di Jepang dengan membuka pendaftaran mulai awal Juni akhir Juli 2018.

"Insya Allah, dalam waktu dekat kami segera melakukan sosialisasi kepada kader maupun pemuda untuk mengikuti seleksi magang kerja di Jepang," ujar perwakilan pengurus Wilayah GP Ansor Sulsel, Amiruddin Saleh usai pertemuan di BLKI Makassar, Senin.

Menurut dia, hasil pertemuan dengan Kepala BLKI, Herman, bersama pengurus GP Ansor diwakili Amiruddin Saleh, Natsir, juga hadir Kasatkorcab Banser Makassar Haryono, dan Wakil Ketua GP Ansor Makassar Akbar Hadi, membahas mekanisme tentang magang tersebut.

Hal ini juga terkait dengan surat Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan tentang pelaksanaan rekrut atau seleksi peserta magang ke Jepang melalui Gerakan Pemuda Ansor.

Sebagai alumi atau pernah magang di Jepang ini mengemukakan, pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada Juni-Juli 2018. Untuk pelaksanaan seleksi dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng, Sulsel pada 17-21 September 2018.

Mengenai dengan pendaftaran dan informasi, bagi pemuda dan kader bisa mendatangi sekertariat PW GP Ansor NU Sulsel, jalan Hertasning V nomor 5 Makassar, Sulawesi Selatan atau mendatangi kantor BLKI Makassar.

Mengenai dengan materi seleksi untuk proses diloloskannya magang di Jepang, lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu menyebutkan seleksi meliputi Tes Matematika, Cek Fisik atau Kesamaptaan, Tes Ketahanan Fisik, hingga wawancara.

Sementara Kepala BLKI Makassar, Herman, pada kesempatan itu menyambut baik kedatangan pengurus GP Ansor Sulsel dan menyatakan siap bekerja sama dengan pengurus untuk pelaksanaan seleksi magang kerja di Jepang.

"Kami berharap dengan pemagangan ini akan mengurangi pengangguran serta dapat membangkitkan ekonomi masyarakat.

Kami siap bekerja sama dan memfasilitasi pelaksanaan seleksi magang ke Jepang yang dilaksanakan GP Ansor Sulsel," tambahnya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024