Makassar (Antaranews Sulsel) - Penyedian jasa aplikasi Go-jek mengajak pengguna untuk menjalani bulan Ramadhan dan juga menebar kebaikan melalui program #Caripahala seperti kemudhan mencari masjid terdekat, sedekah lwat kode QR serta kemudahan berbuka dan sahur.

"Berdasar data internal kami, terdapat perubahan tren perilaku konsumen pada bulan Ramadhan tahun lalu, karena mereka ingin lebih banyak berbagi kepada sesama sekaligus memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan," sebut Public Relations Manager Go-jek, Rindu Ragillia di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Menurutnya, program aplikasi #Caripahala menghadirkan berbagai inisiatif yang membantu pengguna dan memanfaatkan dengan memaknai momen Ramadhan dengan berbagi dan berbuat kebaikan kepada sesama.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan misi memberikan kemudahan masyarakat dalam kehidupan harian melalui inovasi dan solusi teknologi, serta memberdayakan para pelaku usaha di sektor informal.

Salah satu contohnya adalah pesanan Go-Food yang meningkat pada saat sahur. Selain itu, meningkatnya pesanan Go-Ride ke masjid pada pekan pertama Ramadhan dibandingkan pekan sebelumnya.

"Inilah yang menjadi dasar bagi kami dalam menghadirkan berbagai inisiatif yang bisa dimanfaatkan pengguna di bulan Ramadhan. Sama seperti tahun sebelumnya, kami ingin memudahkan masyarakat saat bulan Ramadhan," ujar Rindu

Melalui berbagai fitur khusus Ramadhan ini, tambahnya, Go-jek siap membantu pelanggan tidak hanya untuk lebih mudah menjalankan ibadah di tengah kesibukan seharian serta lebih mudah dan nyaman dalam menikmati makanan sahur dan berbuka puasa.

"Saat ini kita punya driver khusus namanya pak Ibrahim yang dipilih khusus. Bila ada pengguna yang kebetulan memesan Go-Ride melalui dirinya maka akan mendapat cashback melalui Go-Pay diaplikasinya langsung dapat Rp80 ribu, dan dan memesan go food Rp20 ribu diaplikasinya," ungkap Rindu.

Sementara Strategic Regional Head Go-jek Kalimantan Sulawesi, Anandita Danaatmadja dalam kesempatan temu wartawan itu mengatakan, pihak Go-jek juga memasang beberapa billboard yang pada saat waktu sholat akan mengeluarkan suara adzan di beberapa kota di Indonesia

Selain itu, aplikasi #Caripahala juga dimasukkan program kemudahan bersedekah secara digital dengan menggunakan Go-Pay. Tahun ini dimiliki berbagai inisiatif untuk memudahkan pengguna bersedekah dan berdonasi.

"Salah satunya adalah kolaborasi bersama Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas dimana para pengguna hanya perlu memindai QR Code Baznas untuk bersedekah. Untuk tahap awal, kolaborasi ini berjalan di Jabodetabek," ujar Anandita.

Tidak hanya Baznas, melalui layanan Go-Tux kembali dikolaborasikan dengan beberapa lembaga seperti Rumah Zakat, Unicef, dan Wecare.id guna memberikan akses kepada berbagai program donasi mulai dan Paket Berbuka, Kado Lebaran Yatim hingga program perbaikan gizi anak negeri.

Untuk memanfaatkan program ini, pengguna cukup menyisihkan mulai dari Rp5.ribu-Rp500 ribu. Dalam Ramadhan kali ini, Go-Points juga kembali menghadirkan paket Ramadhan Bersama Rumah Zakat. Pengguna cukup menukarkan mulai dari 850 poin untuk melakukan donasi.

Sementara itu, layanan Go-Ufe akan #BerbagiNyaman selama Ramadhan. Mitra Go-Life akan membersihkan 150 masjid di lima kota di Indonesia termasuk mendatangi panti jompo untuk memberikan layanan potong rambut dan pijat gratis.

Para pengguna layanan Go-Life, tambahnya, bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan memposting cerita mereka saat menggunakan Golife dengan #BerbagiNyaman, dan menyebutkan layanan yang ingin disumbangkan ke panti jompo atau masjid setempat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024