Makassar (Antaranws Sulsel) - Kondisi jalan provinsi di Sulawesi Selatan ditargetkan mulus dan nyaman untuk perjalanan para pemudik mulai H-5 atau lima hari menjelang Lebaran

"Pengerjaan perbaikan sementara dilakukan untuk wilayah Kabupaten Sidrap, Pinrang, Wajo, termasuk Gowa, kami targetkan rampung H-5," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulsel Jumras di Makassar, Kamis.

Ruas jalan di keempat kabupaten tersebut, kata dia, menjadi prioritas karena kondisi jalan yang rusak berat.

Secara umum, menurut Jumras, kondisi jalan provinsi pada tahun ini lebih baik dibanding tahun 2017, salah satu indikatornya adalah sudah tidak ada lagi jalan darurat di wilayah ini.

"Kemantapan jalan kita saat ini sudah jauh lebih baik," imbuhnya.

Sementara, Kepala Bidang Preservasi dan Peralatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Iskandar Arsyad mengatakan pihaknya tengah menggenjot pekerjaan penutupan lubang jalan.

"Minimal H-6, kami harapkan sudah nyamanuntuk perjalana para pemudik," ujarnya.

Pihaknya, lanjut dia, memprioritaskan pembenahan pada tiga jalur utama, yaitu jalur Maros-Parepare, jalur Parepare-Toraja dan jalur Bangkae (Sidrap)- Palopo.

"Jalur Maros-Parepare sementara perbaikan, betonisasi," tambahnya.

Pihaknya juga membenahi jalur di perbatasan Sidrap-Wajo-Palopo tepatnya di Anabanua yang kerusakannya sering dikeluhkan pengguna jalan dan masyarakat luas.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024