Makassar (Antaranews Sulsel) - PT Pelindo IV memberangkatkan pemudik gratis dengan total 490 orang penumpang dari Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menuju Kota Parepare dan Bulukumba, dan sejumlah kabupaten lain yang melewati dua daerah itu.

"Mudik gratis ini dilakukan untuk meringankan beban penumpang kapal laut yang tiba di pelabuhan guna melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke kampung halaman mereka di Sulsel," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Aris Tunru di Makassar, Selasa.

Untuk hari ini, kata Aris, telah diberangkatan sebanyak 351 orang penumpang yang tiba di Pelabuhan Makassar untuk melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masing seperti Kota Pare-pare, Bulukumba dan daerah lainnya yang melewati rute kedua daerah tersebut.

Ia mengatakan dari lima hari program pelaksanaan mudik gratis ini, sebanyak 13 bus dan lima `city car` jenis Avansa dan Innova digunakan untuk membantu pemudik ke rumah masing-masing agar bisa berlebaran bersama keluarga mereka.

Mudik gratis ini, lanjut dia, tidak hanya diperuntukkan penumpang kapal laut yang turun di pelabuhan, tetapi juga mudik gratis merupakan program Kementerian BUMN yang dilaksanakan serentak oleh 39 BUMN se-Indonesia sebagai bantuan kepada masyarakat kurang mampu ingin pulang ke kampung halamannya.

Sebelumnya, pelepasan mudik gratis dilakukan Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo bersama Direktur Utama PT Pelindo IV Aris Tunru, Direktur Operasi PT Pelindo IV Riman S Duyo, Kepala Syahbandar Utama, dan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

PT Pelindo IV menargetkan 1.500 peserta yang melaksanakan mudik gratis yang tersebar di delapan cabang, yaitu Makassar, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Sorong, Kendari, Parepare dan Tarakan.

Untuk pemudik yang turun di Pelabuhan Makassar disiapkan rute Makassar-Bulukumba dan kabupaten lain yang dilalui seperti Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng.

Selain itu rute Kota Makassar-Kota Pare-pare dan kabupaten yang dilalui seperti Maros, Barru dan Pangkep.

Para penumpang yang terjaring program mudik gratis ini antara lain berasal dari KM Wilis, KM Tilongkabila, dan KM Bukit Siguntang, KM Tidar, KM Sinabung, dan KM Dorolonda.

Tim Pelindo IV juga tetap siaga selama 24 jam untuk melaksanakan mudik gratis tersebut, selain untuk mewujudkan kepedulian perseroan, juga menginformasikan kepada masyarakat umum yang membutuhkannya agar memanfaatkan bus gratis pulang ke kampung halamannya.

Bahkan, tim tersebut juga ikut berlayar bersama penumpang dengan mendata penumpang di atas kapal, agar penumpang mendapat manfaat layanan khusus oleh Pelindo selama perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024