Makassar (Antaranews Sulsel) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua) mencatatkan sebanyak 7.747 ekor sapi telah berhasil diasuransikan PT Asuransi Jasa Indonesia atau Jasindo hingga posisi April 2018.

Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Keuangan Daerah OJK Sulampua Muhammad Yusuf di Makassar, Selasa, mengatakan meski cukup tinggi namun pihak Jasindo masih harus bekerja lebih keras jika ingin merealisasikan target tahun ini.

"Jadi untuk posisi April 2018 itu telah tercatat sebanyak 7.747 ekor sapi dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan telah bergabung dalam asuransi. Namun intinya memang masih harus bekerja lebih untuk merealisasikan target," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah sapi yang ada di wilayah Sulsel memang begitu besar dan terdapat disejumlah kabupaten/kota seperti di antaranya Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone.

Bahkan kontribusi kabupaten itu memang begitu besar hingga diatas 50 persen sehingga akan kembali menjadi target untuk realisasi tahun ini,

Namun demikian, pihak Jasindo dan OJK tentunya akan terus berupaya mendorong masyarakat atau peternak agar mau mengasuransikan ternaknya agar lebih aman.

Wakil Ketua Jasindo Cabang Makassar Wahyu mengatakan pihaknya menargetkan mengasuransikan sebanyak 22.500 ekor sapi di Provinsi Sulawesi Selatan sepanjang tahun 2018.

"Kita terus rutin melakukan sosialiasi dengan para peternak di berbagai kabupaten/kota di Sulsel. Tentu kami lebih dulu berkoordinasi dengan pihak dinas peternakan provinsi dan kabupaten untuk memaksimalkan sosialisasi," katanya.

Berdasarkan data 2017, kata dia, pihaknya mampu merealisasikan hingga 13 ribu sapi yang telah diasuransikan. Dari puluhan ribu sapi yang berhasil diasuransikan itu, merupakan kontribusi dari beberapa daerah.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024