Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla memanfaatkan momentum kehadiran seluruh calon Gubernur Sulsel di Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) Ke-XVIII terkait kesiapannya memperhatikan saudagar.

Wapres Kalla saat berpidato pada pembukaan PSBM 2018 di Makassar, Minggu, mengajak keempat calon gubernur, yang memang sengaja diundang, untuk naik ke atas panggung.

"Ayo Nurdin Abdullah, Nurdin Halid, Agus (Arifin Nu`mang) dan Ichsan Yasin Limpo.Inilah calon pemimpin kita semua," ajak Wapres untuk naik ke atas panggung.

Setelah keempat calon gubernur Sulsel itu naik ke atas panggung, Kalla kemudian melayangkan sebuah pertanyaan kepada para calon Gubernur Sulsel tersebut.

"Cuma satu pertanyaan saya, apakah anda bersedia membangun Sulawesi Selatan sekaligus mutu dan kualitas dan dorongan semangat bagi para saudagar Bugis Makassar," tanya Wapres yang disambut ucapan siap dari keempat calon Gubernur Sulsel tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menjelaskan mengapa pelaksanaan PSBM bisa tetap berlanjut hingga pelaksanaan ke-18 tahun ini, hal itu karena dilaksanakan di Makassar setelah Lebaran yang menjadi tradisi orang Bugis Makassar untuk pulang ke kampung halaman usai Lebaran.

Menurut dia, para saudagar untuk bisa berkembang maka perlu memperhatikan beberapa hal di antaranya?menjaga jaringan, semangat dan sinergi. Namun yang paling utama yakni semangat.

"Memang ada semangat, ada resiko di perantauan. Kalau merantau itu orang yang berani dan kuat, hanya orang berani dan memiliki kemauan yang mau bertarung tanpa modal," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024