Makassar (Antaranews Sulsel) - Lembaga riset Celebes Research Center (CRC) yang melakukan hitungan cepat hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan menempatkan pasangan nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof-Andalan) sebagai peraih suara terbanyak.

"Berdasarkan hasil quick count yang kita lakukan pemenangnya itu sudah bisa kami pastikan pasangan Prof-Andalan sesuai data yang masuk," ujar Direktur CRC Herman Heizer di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang diikuti oleh empat pasangan calon ini bersaing ketat.

Empat pasangan calon yakni, nomor urut 1 Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), nomor urut 2 Agus Arifin Nu`mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL), nomor urut 3 Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof-Andalan) dan paslon nomor 4, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Herman mengatakan data yang masuk ke servernya sampai pukul 17.30 Wita, sudah mencapai 75 persen dengan persentase kemenangan untuk Prof Andalan mencapai 44,8 persen.

Untuk pasangan calon lainnya yang memperoleh suara terbanyak kedua yakni NH-Aziz dengan persentase perolehan 28,8 persen, IYL-Cakka 17,47 persen serta paslon Agus-TBL meraih 8,93 persen.

"Untuk persentase kemenangan 44,8 persen sudah cukup besar jaraknya dengan peraih suara terbanyak kedua, sehingga bisa kami pastikan siapa yang menjadi pemenang berdasarkan persentase data yang masuk," katanya.

Herman menambahkan hasil hitungan cepat yang dilakukannya ini sama dengan survei terakhir sepekan sebelum pilkada serentak digelar.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024