Makassar (Antaranews Sulsel) - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Sulawesi Selatan (Kpw BI Sulsel) bersama komunitas Generasi Baru Indonesia (Gen-BI) menggelar festival berbagai lomba kreatif yang berlangsung di Benteng Rotterdam, Kota Makassar.

"Kegiatan ini adalah murni inisiatif komunitas Gen-BI yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa dari BI di wilayah Sulsel," kata Deputi Direktur KPw BI Sulsel Aryo Setyoso di sela pembukaan festival tersebut di Makassar, Jumat.

Menurut dia, pihak KPw BI Sulsel menyerahkan sepenuhnya kepada komunitas untuk membuat kegiatan yang melibatkan generasi muda dan memiliki kreativitas untuk memberikan sumbangsih pada masyarakat.

"Kami hanya memberikan dukungan moril dan membantu penyelenggaraan kegiatan festival yang juga diramaikan dengan beberapa stand pameran," ujarnya.

Ketua Wilayah Gen-BI Sulsel Utsan mengatakan kegiatan ini sebagai ajang untuk unjuk kreativitas dan prestasi bagi generasi muda.

Pada festival yang baru pertama dilaksanakan ini, lanjut dia, akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti talk show, lomba pidato, lomba masak, stand up comedy, rangking 1 dan fashion show.

Bagi peserta yang sudah terdaftar untuk mengikuti lomba pidato sebanyak 27 orang, stand up comedy 24 orang, fashion show 15 orang dan rangking 1`sebanyak 58 orang.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Keuangan Muh Hasan mengatakan kegiatan ini sangat positif dan mendorong kreativitas dan prestasi generasi muda.

"Kami mengapresiasi panitia dan juga pihak Bank Indonesia yang telah membantu memberikan dukungan pendidikan bagi mahasiswa di tiga kampus sejak tahun 2004," katanya.

Ketiga kampus tersebut adalah Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin. Setiap tahun ajaran masing-masing kampus menerima beasiswa dari BI untuk jatah 50 orang mahasiswa yang lolos verifikasi.

Berdasarkan data BI Sulsel, sejak tahun 2004 hingga saat ini sedikitnya terdapat 8.000 orang mahasiswa dari tiga universitas di Makassar yang telah menerima beasiswa tersebut.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024