Mamuju (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 509 jamaah calon haji asal Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat akan mulai diberangkatkan pada 28 Juli 2018.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar H Imran K Kesa, Jumat mengatakan, jamaah calon haji daerah itu yang berjumlah 509 orang terbagi dalam dua kelompok terbang, yakni kloter 16 dan kloter 28.

Kloter 16 lanjut Imran, berjumlah 447 orang, yang semuanya berasal dari Kabupaten Polewali Mandar ditambah enam petugas.

"Kloter 16 ini masuk dalam kategori gelombang I dengan estimasi jadwal pemberangkatan, yakni pada 28 Juli 2018 sekitar pukul 12. 00 Wita dijadwalkan sudah masuk Asrama Haji Sudiang Makassar Sulawesi Selatan. Jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter 16 ini nantinya akan ditempatkan di wilayah Syisyah, Sektor 2 (Arab Saudi) dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada 20 September 2018," terang Imran.

Sedangkan Kloter 28 tambahnya, sebanyak 62 jamaah calon haji yang akan bergabung dengan jamaah calon haji dari Kabupaten Mamasa Provinsi Sulbar dan Provinsi Gorontalo serta para jamaah calon haji asal Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kloter 28 ini masuk dalam gelombang II dengan estimasi pemberangkatan, masuk di Asrama Haji Sudiang Makassar dijadwalkan pada 8 Agustus 2018 sekitar pukul 08.00 Wita. Selama berada di Makkah al-Mukarramah jamaah yang tergabung dalam kloter ini akan ditempatkan di wilayah Raudhah (Sektor 3). Kloter 28 ini juga dijadwalkan kembali ke tanah air pada 20 September 2018," jelas Imran.

Ke-509 jamaan calon haji asal Kabupaten Polewali Mandar tersebut kata Imran, didominasi oleh perempuan, yakni sebanyak 375 orang, sementara jamaah calon haji laki-laki berjumlah 134 orang.

Ia mengatakan, Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar telah melaksanakan manasik haji massal perdana pada 28 Juni 2018 di Rotan Polis Wonomulyo.

Pada pelaksanaan manasik haji perdana itu lanjutnya, 99 persen jamaah calon haji hadir.

"Manasik haji perdana sudah dilaksanakan kemarin (Kamis) dan dihadiri 99 persen jamaah calon haji," tuturnya.

Manasik haji perdana yang berlangsung sehari itu secara resmi dibuka Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat H Muhdin.

Usai prosesi pembukaan, acara manasik kemudian dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan secara tuntas dan detail oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulbar dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Polewali Mandar.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024