Makassar (Antaranews Sulsel) PT. PLN Persero bekerja sama dengan Halal Center Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui program bina lingkungan memberikan bantuan berupa alat pengolahan madu serta pembinaan bagi petani lebah madu Buakkang.

"PLN memiliki beberapa program bina lingkungan. Wilayah Sulselrabar dibagi dalam beberapa kategori yaitu PLN Peduli Pengentasan Kemiskinan, Peduli Sarana Ibadah, Peduli Lingkungan, dan Peduli Pendidikan, " kata DM Hukum dan Humas PLN Wilayah Sulselrabar, Rosita Zulkarnaen, di Makassar, Kamis. 

Bina Lingkungan pada dasarnya adalah sebuah program yang diberikan melalui bantuan dana untuk keperluan kegiatan pengembangan masyarakat yang berfokus kepada wilayah di mana suatu BUMN beroperasi.

Selain itu, bina lingkungam merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.?

Salah satu bentuk implementasi PLN Wilayah Sulselrabar diwujudkan dalam pengentasan kemiskinan.

Pengentasan kemiskinan merupakan program unggulan dari PLN Sulselrabar karena memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas produk daripada petani madu setempat yang bermuara pada peningkatan omzet.

"PLN berharap kedepan kiranya potensi ini dapat dikelola dengan baik karena sudah ada pasar di luar yang menunggu,"kata Rosita.

Sedangkan, Ketua Halal Center Universitas Hasanuddin Prof Veni Hadju mengemukakan, potensi pengembangannya relatif besar di Indonesia, makanya perlu sosialisasi kepada petani madu.

Dengan diserahkannya bantuan Bina Lingkungan ini, PLN Sulselrabar telah menunjukkan kepedulian akan kehidupan masyarakat sekitar yang mana merupakan wujud nyata dari salah satu misi BUMN ini dalam melaksanakan usaha yang berwawasan lingkungan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024