Makassar (Antaranews Sulsel) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) dan Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan bekerja sama KBRI Untuk Filipina mempromosikan destinasi unggulan daerah itu di Manila.

"Kami bersama pihak KBRI siap mempromosi sejumlah destinasi unggulan Sulsel. Kami lihat potensi wisatawan dari negara itu begitu besar sehingga layak dimanfaatkan," kata Ketua DPD Asita Sulsel Didi Leonardo Manaba di Makassar, Senin,

Ia menjelaskan, kegiatan itu juga untuk saling menjalin kerja sama mempromosikan destinasi unggulan kedua belah pihak.

Asita Sulsel juga mulai menggarap sejumlah daerah yang berpotensi mengembangkan wisata olahraga.

"Seperti di Kepulauan Selayar, Malino (Kabupaten), Enrekang, Kabupaten Maros dan sebagainya," kata dia.

Di Kepulauan Selayar, kata dia, terdapat bukit atau gunung yang bisa menjadi rute untuk kendaraan motor trail atau jenis motor cross.

Apalagi di daerah tinggi itu, masyarakat atau wisatawan bisa melihat Kepulauan Selayar secara luas dan ini tentu bisa menarik wisatawan.

Ia menjelaskan, untuk wisata olahraga selama ini hanya dibuat dalam konsep lari maraton lintas alam seperti yang telah digelar Dinas Pariwisata Sulsel di beberapa daerah seperti Malino, Pantai Bira ataupun di sekitar Karts Rammang-rammang di Kabupaten Maros.

Sementara untuk jenis olahraga yang lebih ekstrem memang belum mendapatkan wadah khusus. Namun pihaknya memahami karena untuk menjalankan itu memang harus didukung sarana dan prasarana yang memadai.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024