Makassar (Antaranews Sulsel) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi mengatakan, pihaknya siap mengamankan kirab obor Asian Games di Sulawesi Selatan.

"Kami sudah mengantisipasi, staf saya sudah lebih dahulu datang. Bukan hanya TNI/Polri, tetapi masyarakat juga menjaga keamanan kegiatan mengawal obor itu berjalan lancar," kata Surawahadi disela-sela apel penerimaan dan pelepasan Pangdam XIV/Hasanuddin di Makodam Hasanuddin, Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, obor itu akan diarak dari Makassar menuju destinasi wisata di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba dan kembali ke Makassar pada Minggu (29/7).

Sementara menanggapi kegiatan itu, mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang dipromosikan menjadi Asintel Panglina TNI menyebutkan, Asian Games merupakan sebuah kebanggan bagi Indonesia.

Baca juga: Tradisi penyambutan Pangdam XIV/Hasanuddin dilakukan lebih awal

"Sebuah program nasional dan kebanggan kita semua, dilaksanakan para atlit untuk jadi juara, kita turut memeriahkan perjalanan obor itu sebagai sebuah simbol kebanggan, disambut gembira," ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya bersama Polri tentunya memiliki tips khusus mengamankan kirab obor Asian Games dan mendeteksi hal-hal yang dpat menghambat kelancaran kegiatan itu.

Selain mengamankan jalannya kirab obor Asian Games, jajaran TNI/Polri juga akan mengamankan Presiden dan rombongan yang akan berkunjung ke Sulsel pada Sabtu (28/7) dan mengikuti kegiatan pada Minggu (29/7).

Karena itu, mantan Pangdam XIV/Hasanuddin ini mengimbau semua pihak untuk menjaga keamamnan sekaligus menjaga kebanggaaan nasional.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024