Mamuju (Antaranews Sulsel) - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Polewali Mandar akan diberangkatkan pada 28 Juli 2018, kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, H Muflih.

"Sebanyak 447 calon haji (Calhaj) yang tergabung dalam kloter 16 asal Kabupaten Polewali Mandar akan diberangkatkan ke Embarkasi Makassar pada 28 Juli 2018 bersama delapan orang petugas kloter terdiri dari, tiga orang TPHD, satu orang TPHI, satu orang TPIHI, dan tiga orang TKHI," kata MUflih, di Mamuju, Jumat.

Keberangkatan mereka pada penerbangan gelombang pertama berangkat ke Arab Saudi pada 29 Juli 2018 sekitar pukul 11.35 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines dengan nomor flight 110.

Ia mengharapkan, seluruh JCH agar bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna, menjaga kesehatan dan keselamatan ibadah haji serta senantiasa mematuhi aturan-aturan pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

Selanjutnya, Muflih juga mengimbau agar JCHmenjaga nama baik Provinsi Sulawesi Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya sebagai duta-duta tamu Allah di dua kota suci yaitu di Mekkah dan Madinah.

Para JCH agar senantiasa membangun disiplin keutuhan beregu dan rombongan serta disiplin beribadah, istirahat maupun berkata-kata.

Ada pun prosesi penerimaan JCH rencananya langsung masuk di Masjid Asrama Haji selanjutnya diarahkan ke Poliklinik Kesehatan dan akan diadakan perekaman sidik jari secara geometri yang mulai diberlakukan pada 2018 di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Sementara, Ketua kloter 16, Adhar mengharapkan agar JCH senantiasa melaksanakan ibadah dengan baik, bersinergi dengan petugas kloter untuk mempermudah proses ibadah, menjaga silaturahmi, persatuan dan kesatuan serta menjaga kerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) demi terwujudnya haji yang mabrur.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar H Imran K Kesa mengatakan, JCH daerah itu yang berjumlah 509 orang terbagi dalam dua Kloter yakni 16 dan 28.

Kloter 28 sebanyak 62 Calhaj yang akan bergabung dengan JCH dari Kabupaten Mamasa Provinsi Sulbar, Provinsi Gorontalo serta para JCH asal Provinsi Sulawesi Selatan.

Kloter 28 masuk dalam gelombang II dengan estimasi pemberangkatan, masuk di Asrama Haji Sudiang Makassar dijadwalkan pada 8 Agustus 2018 sekitar pukul 08.00 Wita.

Selama berada di Mekkah al-Mukarramah jemaah yang tergabung dalam kloter ini akan ditempatkan di wilayah Raudhah (Sektor 3). Kloter 28 ini juga dijadwalkan kembali ke tanah air pada 20 September 2018.

Ke-509 Calhaj asal Kabupaten Polewali Mandar tersebut didominasi perempuan, yakni sebanyak 375 orang, sedangkan laki-laki hanya 134 orang.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024