Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 5.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Makassar menghadiri dan menyemarakkan pagelaran Harmoni Indonesia yang dipusatkan di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Minggu.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dalam sambutan singkatnya pada acara tersebut, mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaannya atas hadirnya para mahasiswa dari berbagai kampus pada hari ini.

"Hari ini kita berkumpul di sini, tidak ada perbedaan kampus negeri atau swasta, kampus besar atau kecil, kampus akreditasi A, B, atau C.Tidak ada perbedaan," kata Prof Dwia.

Menurut dia, semua yang hadir di sini adalah anak bangsa, yang bangga dan cinta akan Tanah Air. Saya menyampaikan penghargaan atas kehadiran kalian semua, anak-anakku," ucapnya.

Harmoni Indonesia yang juga digelar secara serentak di 34 kampus dan kota di seluruh Indonesia itu berlangsung meriah.

Harmoni Indonesia merupakan acara yang digagas oleh Presiden Joko Widodo untuk menyambut dan memeriahkan pelaksaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan pada 18 Agustus-2 September mendatang.

Presiden Joko Widodo juga hadir di pusat pelaksanaan kegiatan, yaitu di Koridor Timur Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. ?Secara simultan, ke-34 kota terhubung dengan Gelora Bung Karno melalui fasilitas video-conference.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan secara serentak pada waktu bersamaan oleh paduan suara mahasiswa serta mahasiswa-mahasiswa yang hadir di 34 kota dan kampus di Indonesia.

Konduktor kawakan Indonesia, Adie MS memimpin parade nyanyian lagu-lagu kebangsaan ini.

Di Indonesia bagian Barat, acara dimulai tepat pukul 08.00. Sementara di Indonesia bagian Tengah (termasuk Makassar), dimulai pukul 09.00 dan di Indonesia Timur dimulai pukul 10.00.

Untuk perayaan di Unhas Makassar, Harmoni Indonesia dihadiri Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) yang sebelumnya bernama Kopertis Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin, Rektor Universitas Negeri Makassar Prof Dr Husain Syam MTP, serta belasan Rektor, Ketua Sekolah Tinggi, dan Direktur Akademi dari berbagai perguruan tinggi di Makassar dan sekitarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024