Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 160 orang calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari 24 kabupaten dan kota lolos tes kesehatan dan wawancara, kembali mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk lolos sebagai penyelenggara pemilu.

"Uji kelayakan dan kepatutan mulai hari ini (Selasa) sampai tiga hari ke depan secara bertahap di tingkat kabupaten/kota," kata Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Zona I, Fauziah Erwin di Makassar, Selasa.

Sementara bagi calon yang berstatus petahana akan mengikuti tahapan evaluasi sebagai bagian dari seleksi tahap akhir guna pemantapan pemahaman sebagai penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi jalannya pesta demokrasi pemilihan legislatif dan pemilhan presiden 2019.

Selain itu, tahapan evaluasi bagi petahana itu dilaksanakan mengingat rata-rata calon yang mendaftar di tiap kabupaten/kota dan lolos masing-masing tiga orang.

Seluruh hasil uji kelayakan dan kepatutan, nama-nama yang dinyatakan lolos akan dikirim ke Bawaslu RI untuk ditetapkan sebagai calon anggota Bawaslu terpilih.

Pada 6 Agustus, sebanyak 160 Calon anggota Bawaslu se-Sulsel dinyatakan lolos tes kesehatan dan wawancara oleh Timsel.

Nama-nama yang lolos tersebut dipublikasikan sekaligus berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Seluruh calon anggota Bawaslu yang dinyatakan lolos selanjutnya mengikuti tes akhir sebagai penentuan untuk menjadi pengawas Pemilu selama lima tahun ke depan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024