Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Lomba Panahan Eksekutif antarKepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan antar awak media yang sehari-hari bertugas di Kantor Gubernur Sulsel untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Perlombaan ini untuk silaturahmi sekaligus meramaikan peringatan Hari Kemerdekaan," kata Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono yang ditemui di sela perlombaan tersebut di Makassar, Senin.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih memasyarakatkan olah raga panahan tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov Sulsel Sri Endang Sukarsih mengatakan olah raga ini dipilih khusus karena mengedepankan konsentrasi dan fokus pada sasaran sehingga sangat tepat dikompetisikan antar Kepala OPD.

"Sebagai Kepala OPD, kami dituntut untuk selalu fokus dan terarah, ini yang dilatih melalui kegiatan memanah," tuturnya.

Adapun, hadiah yang disiapkan untuk Juara Pertama 1 (satu) unit sepeda motor, Juara Kedua hadiah berupa 1 (satu) unit sepeda dan hadiah ketiga berupa bingkisan.

Pada saat lomba antara kepala OPD dan pimpinan daerah, antara Penjabat Gubernur Soni Sumarsono melawan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel Tautoto Tanaranggina berlangsung empat seri/rambahan (18-4), (14-21), (13-20) dan (15-10) dengan total poin 60-50 dan dimenangkan oleh Soni Sumarsono.

Namun secara keseluruhan untuk perlombaan antar OPD ini, Juara Pertama diraih Andi Reza (Kepala Biro Hukum) dengan skor 87, da Juara Kedua Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan skor 79.

Sementara untuk media, Juara Pertama diraih oleh Ichsan Anshar dari Fajar TV dengan skor 97, Juara Kedua Irfan dari Kabar.news dengan skor 73 dan Juara Ketiga Aldi dari Tribun Timur dengan skor 69.

 Sedangkan untuk kategori panitia yang terdiri juga dari para atlit dan mantan atlit seperti Kusuma Wardani, peraih medali olimpiade pertama Indonesia dengan meraih medali perak di Seoul pada tahun 1988. Juara pertama diraih oleh Ilham Johar dengan skor 97 dan mendapatkan hadiah sepeda. Selain itu juga dilaksanakan tarik tambang dan lomba lari/balap karung.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024