Makassar (Antaranews Sulsel) - Kabupaten Sinjai mampu menyakinkan para peserta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII 2022 Sulawesi Selatan tentang ketersediaan air bersih yang selama ini masih menjadi persoalan di daerah tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai Akbar Mukmin dikonfirmasi dari Makassar, Rabu, mengatakan kesiapan daerahnya sebagai penyelenggara bukan hanya soal sarana dan prasarana namun juga adanya ketersediaan air yang banyak untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen.

"Produksi air bersih Kabupaten Sinjai dari Balangtieng pada 2019 nanti, kita harapkan bisa mencapai 800 liter perdetik. Dengan kebutuhan masyarakat Sinjai pada khususnya itu 200 liter perdetik, sehingga masih ada over produksi sebanyak 600 liter perdetik," katanya.

Dengan kesiapan itu maka pihaknya berharap tidak lagi ada keraguan dari daerah soal kesanggupan atau kesiapan Kabupaten Sinjai menjadi pelaksana ajang yang sebelumnya masih bernama Pekan Olahraga Daerah (Porda) tersebut.

Pengelolaan air bersih yang terus dikembangkan pemerintah Kabupaten Sinjai sekaligus menjawab keraguan untuk memberikan layanan maksimal terkhusus masalah kebutuhan cuci mandi para kontingen yang akan datang ke Sinjai pada empat tahun kedepan.

Kabupaten Sinjai mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov Sulsel melalui voting rapat pengurus KONI dan perwakilan 24 kabupaten/kota di Makassar, 13-14 Agustus 2018.

Pada rapat bersama penentuan tuan rumah Porprov itu, Kabupaten Sinjai mendapatkan suara sebanyak 21 dari 24 kabupaten/kota. Suara ini begitu dominan sehingga pihaknya mengaku siap menjawab amanah yang diberikan kepada kabupaten tersebut.

"Dengan kepercayaan ini maka Kabupaten Sinjai baik pemerintah maupun masyarakat, seta pihak lainnya akan segera mempersiapkan diri untuk menyukseskan agenda empat tahunan itu," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024