Makassar (Antaranews Sulsel) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara ( SMN) asal Sumatera Barat (Sumbar) mengunjungi PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk mengetahui aktivitas produksi kapal di perusahaan milik negara itu. Kehadiran peserta SMN Sumbar disambut direksi PT IKI yang diwakili Sekretaris PT IKI H Ansyarif Khalid di Makassar, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut Ansyarif menjelaskan sejarah keberadaan perusahaan kapal milik negara ini yang terbentuk sejak 29 Oktober 1977 atau 41 tahun silam. "Leluhur orang Sulsel terkenal sebagai pelaut ulung, sehingga tidak mengherankan jika sumber daya manusia membuat kapal juga ada di sini," katanya.

Produksi kapal baru yang telah dihasilkan PT IKI tercatat 186 unit, baik kapal untuk kebutuhan operasional dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu pendamping peserta SMN dari PT Bukit Asam Muhammad Nuh mengatakan, kehadiran siswa pilihan asal Sumbar ini untuk mengetahui lebih dekat PT IKI dan proses produksi kapal maupun maintenance kapal di perusahaan ini.

Seusai mendapatkan pengarahan dari pihak PT IKI, peserta SMN diajak naik kapal baru pesanan Kementerian Perhubungan yakni Kapal Tol Laut.

Salah seorang peserta SMN Sukma menyatakan sangat gembira dapat berkunjung ke PT IKI dan melihat dari dekat kapal-kapal yang diproduksi PT IKI. "Di sini kami mendapatkan pengalaman dan informasi yang sangat berguna dan akan kami bagi cerita ini ketika balik ke daerah kami," katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024