Makassar, 11/9 (Antara)- Tiga atlet paralimpik Sulawesi Selatan dipercaya sebagai pembawa obor api Asian Paragames di Makassar, Sulsel, 12 September 2018.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sulsel, Sonny Sandra di Makassar, Selasa, mengatakan ketiga atlet itu masing-masing Bahar Rahman (tuna netra), Suwarni (tuna rungu) dan Saldi tuna daksa.

"Jadi, ketiga atlet kita itu sudah siap mengemban kepercayaan sebagai pembawa obor api Asian Paragames pada pawai di Makassar," katanya.

Bahar Rahman merupakan atlet lempar lembing yang sudah memberikan berbagai prestasi bagi daerah, bangsa dan Tanah Air di ajang internasional, termasuk di ajang ASEAN Paralimpik 2005.

Sementara Suwarni merupakan atlet cabang atletik. Prestasi terbaik yang ditorehkan adalah mampu menyumbangkan tiga medali emas bagi kontingen Sulsel di ajang Pekan Olahraga Cacat Nasional 2008 di Kalimantan Timur.

Dan, Saldi adalah atlet dari cabang bulu tangkis. Atlet yang bersangkutan juga mendapatkan kepercayaan pada acara pawai obor api Asian Paragames di Makassar karena prestasinya di Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas) 2012 di Riau.

Selain Kota Makassar, pawai obor Asian Paragames 2018 juga menyinggahi sejumlah daerah di Indonesia, seperti Ternate (Maluku), Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, Grobogan, Solo, dan DKI Jakarta.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : M Darwin Fatir
Copyright © ANTARA 2024