Mamuju (Antaranews Sulsel) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan pra survei akreditasi Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan primer masyarakat.

"Manfaat akreditasi puskesmas adalah untuk memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat, kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan," kata Kepala Dinkes Sulbar dr Achmad Azis,MKes di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, manfaat lainnya adalah menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat, serta meningkatakan pengelolaaan resiko baik pada pelayanan pasien baik di puskesmas dan penyelengaraan upaya puskesmas kepada masyarakat.

Kemudian meningkatkan pendidikan pada staf fasilitas pelayanan kesehatan primer untuk memeberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf di fasilitas pelayanan kesehatan primer, meningkatkan, meningkatkan ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja, dan meningkatkan keamanan dalam bekerja.

Ia menyampaikan bahwa ada beberapa poin untuk akreditasi puskesmas akreditasi adalah sebuah bentuk pengakuan kerja kita selama ini dimana segala kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan itu mendapat pengakuan, semua unsur-unsur yg mendukung proses akreditasi

Ia berharap agar semua pihak sudah matang untuk melakukan akreditasi ,papan petunjuk puskesmas di lengkapi sehingga pasien atau tamu tidak bingung,

"Manajemen waktu sehingga pasien tidak menunggu lama dan bisa dilayani dengan cepat, dan ditambahkan juga untuk selalu meng-upgrade semua alat puskesmas dan sesuai standar," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024