Makassar (Antaranews Sulsel) - Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, menjadi tempat pelaksanaan Sumatera Barat (Sumbar) Expo, 15 hingga 18 November 2018.

"Kami tentu berharap ada dukungan penuh dan Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar khsususnya agar kegiatan ini bisa berjalan lancar. Kami juga mengimbau para asosiasi dan pengusaha untuk berpartisipasi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Nasir Rahmad di Makassar, Kamis dalam Rapat Koordinasi dan Sosialiasi Sumatera Barat Expo 2018 yang berlangsung di Makassar, Kamis.

Pemilihan Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan Sumbar Expo 2018 ini, kata dia, bukan tanpa sebab, lokasi Makassar yang strategis dengan jalur ramai persinggahan wisatawan baik domestik maupun mancanegara serta merupakan penghubung Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, ada ikatan emosional antara masyarakat Sulsel dan masyarakat Sumbar dalam hal perdagangan. Sejumlah masyarakat Sulsel tercatat sukses menjadi pebisnis di Sumbar, demikian juga sebaliknya.

"Jumlah masyakat Sumbar yang menjadi penduduk tetap di Sulsel dengan berbagai profesi juga tidak sedikit," imbuhnya.

Sumbar Expo yang merupakan ke-6 kalinya digelar ini diharapkan dapat menciptakan keakraban dan networking antara pengusaha Sulsel dan Sumbar.

Sumbar Expo 15-18 November 2018 berlokasi di lapangan Karebosi Makassar. Konsep expo dirancang outdoor dan diharapkan dapat lebih meriah dibanding pelaksanaan sebelumnya yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau.

Sumbar Expo tahun ini, lanjutnya, akan mempromosikan berbagai produk andalan seperti kuliner, kerajinan dan berbagai komoditi potensi alam dari Sumbar.

"Selain itu, akan dimeriahkan pula dengan pertunjukan seni budaya dan pawai budaya," kata dia.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024