Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengundang PT Vale untuk menggali informasi dan menjajaki kemungkinan pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pertambangan.

"Soal Perumda masih dalam kajian, kita pelan-pelan dulu, gali informasi. Setelah itu baru kita lihat nilai komersial, lingkungan dan peluangnya," kata Andi Sudirman usai menggelar pertemuan dengan Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter di Makassar, Senin.

Terkait pertemuan ini, Andi Sudirman mengatakan pihaknya meminta data yang telah diberikan PT Vale kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), termasuk situasi dan kendala yang ada di lapangan.

"Mereka siap membantu, data itu untuk aset kami," imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter menyebutkan pertemuan dengan Wagub Sulsel membahas rencana penambahan investasi, serta kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan PT Vale.

"Kita selalu bekerjasama dan bersinergi terus dengan pemprov," ujarnya.

Apa lagi pemprov, lanjutnya merupakan perpanjangantangan pusat berkaitan dengan izin.

Pihaknya juga mengapresiasi rencana Pemprov Sulsel membentuk Perumda Pertambangan. Menurut dia, semua ide yang baik patut dicoba, termasuk pembentukan perumda ini.

Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan pihaknya tengah mengkaji kemungkinan pembentukan perumda baru yang lebih profitable. Menurut Nurdin, perumda seharusnya dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD), dan bukannya membebani APBD.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024