Sinjai (Antaranews Sulsel) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Akbar mengatakan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) lahir untuk  bekerja memajukan kesejahteraan masyarakat di desa.

"Anggota Apdesi yang sudah dilantik harus menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, karena Apdesi bertujuan meningkatkan harkat dan martabat aparatur pemerintah dan masyarakat desa untuk mewujudkan desa yang maju, sejahtera, adil, profesional dan demokratis," kata Akbar dalam sambutannya saat pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Apdesi Kabupaten Sinjai periode 2018-2023  di gedung pertemuan, Senin.

Menurut Akbar, Apdesi juga berfungsi sebagai sarana komunikasi, fasilitasi, koordinasi, mediasi, advokasi dan perjuangan bagi pemerintah dan masyarakat desa, serta berfungsi sebagai mitra pemerintah dan lembaga non pemerintah terkait masalah dan kepentingan desa.

Sementara itu, Ketua DPD Apdesi Sulawesi Selatan Sri Rahayu Usmi mengatakan pelantikan ini tidak selesai pada saat ini, tetapi kita mempunyai  beban moral untuk bersinergi dengan pemerintah.

"Anggota APDESI harus melakukan sinergitas dengan pemerintah  dalam memberikan kontribusi ke lingkungan. Dan Apdesi adalah bagian untuk menjadikan kota Sinjai lebih hebat dan memberikan kontribusi positif," ujarnya.

Sri menambahkan Apdesi harus mengembangkan prinsip demokratis dalam memajukan kelembagaan organisasi, meningkatkan profesionalisme pengurus, mensejahterakan anggota serta  menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa.

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 1424 Sinjai, Ketua DPRD Sinjai, Kapolres Sinjai atau yang mewakili, para Kabag,  Camat, dan  Kepala Desa  lingkup Kabupaten Sinjai.

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024