Mamuju (Antaranews Sulsel) - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat meluncurkan program sistem informasi pelayanan data kabupaten berbasis aplikasi terintegrasi atau "Si Landak Beraksi".

"Kami mulai merancang penyediaan data terintegrasi berbasis aplikasi yang akan segera diluncurkan ke publik. Program Si Landak Beraksi ini sebagai solusi atas kesulitan menghadirkan data dan informasi yang sifatnya terintegrasi antarseluruh OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju," kata Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju Usdi, Kamis.

Aplikasi itu nantinya lanjut Usdi, akan memberikan ruang kepada siapa saja yang membutuhkan informasi atau data dari tiap OPD yang akan ditampilkan melalui aplikasi.

"Tinggal klik, semua data akan muncul kapan dan dimana saja kita membukanya baik dengan PC (komputer) ataupun lewat telepon pintar (smatphone). Jadi tidak ada lagi data yang sulit dicari ketika kita membutuhkan informasi," terang Usdi.

Untuk merealisasikan Si Landak Beraksi itu lanjutnya, pihaknya telah membentuk yim efektif yang akan diberikan kepercayaan sesuai dengan spesifikasi tugas kesehariannya masing-masing, sehingga akan membantu mewujudkan program tersebut.

Ia menyatakan, rancangan program tersebut telah dikomunikasikan dan mendapat respon yang baik dari pimpinan di daerah itu, selanjutnya akan dibuatkan regulasi berbentuk peraturan daerah sehingga pelaksanaan program Si Landak Beraksi akan simultan dilaksanakan oleh OPD karena telah berpayung hukum.

"Program ini akan sangat bergantung terhadap dukungan dan partisipisasi semua `stakeholder` atau pemangku kepentingan, mengingat sukses program yang bertujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat utamanya dalam pemenuhan kebutuhan informasi ini akan sangat bergantung pada komitmen semua pihak untuk menghadirkan saluran informasi yang lebih memudahkan," kata Usdi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024