Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 10 truk sumbangan atau bantuan dari masyakarat Makassar yang disimpan di Asrama Haji Sudiang Makassar Sulawesi Selatan, telah didistribusikan ke wilayah gempa di Sulawesi Tengah.

Anggota Taruna Siaga Bencana Sulawesi Selatan, Hamzi di Makassar, Rabu, mengatakan 10 truk bantuan itu dikirim malalui dua jalur yakni laut dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Lantamal VI dan lewat jalut darat yang dibawa petugas Dinas Sosial Sulsel.

"Jadi kami sejak kemarin sudah mengirimkan bantuan sebanyak tujuh truk ke ke Lantamal untuk dikirim lewat laut. Sementara bantuan sisanya sebanyak 3 truk, diberangkatkan lewat darat," ujarnya.

Ia menjelaskan, proses pengepakan bantuan atau sumbangan masyarakat ?di Asrama Haji Sudiang, Selasa, dilakukan sejak pukul 14.00 WITA hingga 03.00 dinihari.

Bantuan yang didistribusikan itu diantaranya air mineral, mie instan, beras, obat-obatan hingga pakaian layak yang sebelumnya telah dibawa masyarakat ke tempat tersebut.

Pihaknya juga mengaku sumbangan sekarang masih terus berdatangan sehingga akan kembali didistribusikan untuk bisa segera dirasakan para korban gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu.

"Jumlah bantuan yang ada di Asrama Haji masih banyak karena masyarakat terus membantu. Kami bersama para relawan juga terus bekerja keras agar bisa tersalurkan. Bahkan para relawan harus tidur di tumpukan bantuan karena lelah," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024