Bantaeng (Antaranews Sulsel) - Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin meresmikan Rumah Data Kependudukan "Rumah Dataku" Kampung KB Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Rabu.

Bupati Bantaeng mengatakan keberadaan rumah dataku ini menjadi sebuah tempat yang nantinya akan memberikan kita data dalam merencanakan arah kebijakan pembangunan desa.

"Saya ingin ini menjadi contoh bagi desa lain, agar pengelolaan Kampung KB bisa sukses dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya urusan Dinas PPKB saja," ujar Ilham Azikin.

Peresmian ini disebut sebagai Rumah Data pertama yang mampu berdiri sendiri, berbeda dengan rumah data lainnya yang biasanya hanya ditempatkan di rumah warga.

Rumah Dataku merupakan rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan, yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB. Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin saat meresmikan  "Rumah Dataku" Kampung KB Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Rabu (4/10/2018). (FOTO/Syamsurya Pratama)
Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Bantaeng, Ratna Lantara melaporkan bahwa Rumah Dataku sebagai model solusi strategis penanganan permasalahan kependudukan di Kampung KB.

"Selain itu juga sebagai upaya peningkatan tata kelola data, terutama di level mikro, desa atau kampung terutama data-data terkait kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta data sektoral lainnya, sehingga data-data tersebut terintegrasi dengan sumber data lain untuk pemanfaatan dan intervensi program pembangunan," jelasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Hj. Rini Riatika Djohari mengapresiasi kegiatan peresmian ini.

Disebutkannya bahwa ini semua tentu merupakan kerjasama yang baik dari sejumlah pihak.

"Kita butuh data akurat dan cepat di setiap hal, dan awal dari seluruh pembangunan adalah data. Rumah dataku ini diharapkan dapat menjadi sentral kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kaloling ini," tuturnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua TP PKK Bantaeng Hj Sri Dewi Yanti, Camat Gantarangkeke H Sahabuddin, para Pimpinan SKPD, para Camat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024