Makassar (Antaranews Sulsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan mengirim bantuan logistik untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu.

"Semua bantuan tersebut akan dikumpulkan di kantor Kemenag Pinrang sebagai daerah yang dekat dengan perbatasan provinsi, selanjutnya dibawa ke Palu," kata koordinator penyaluran bantuan logistik dari Kemenag Sulsel, Masyhur, di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan semua bantuan tersebut akan dikumpulkan di kantor Kemenag Pinrang, sebagai daerah perbatasan Sulsel, selanjutnya di bawah koordinasi Kanwil Kemenag Sulsel bantuan itu diberangkatkan ke lokasi bencana.

Dia menjelaskan semua bantuan akan langsung diantarkan ke kantor Kemenag Palu yang terdiri atas beras, bensin 300 liter, makanan, pakaian, alat penerangan, dan tenda.

Selain bahan logistik, lanjut dia, sumbangan berupa uang yang dihimpun melalui jajaran Kemenag Sulsel juga akan dibawa. Kepala Bagian Humas Kanwil Kemenag Sulsel Sofyan akan membawa ambulans ke lokasi bencana di Palu dan Donggala.

"Kita juga akan memberikan bantuan uang, hasil dari sumbangan seluruh daerah di bawah naungan Kemenag Sulsel, ada rekening khusus. Jumlahnya nanti akan kita laporkan ke pusat sementara masih terus bertambah," ungkapnya.

Kepala Bagian Humas Kanwil Kemenag Sulsel Sofyan menuturkan ada empat truk yang diberangkatkan dari gabungan logistik dua kabupaten dan kota, yakni Kota Pare-Pare dan Kabupaten Pinrang.

Sebelumnya, beberapa bantuan, khususnya dari kemenag kabupaten dan kota di Sulsel telah digabungkan dengan bantuan losgistik di pemda setempat.

Namun arahan dari Ditjen Bimas Islam Kemenag mengharapkan ada bantuan khusus atas nama kanwil Kemenag masing-masing daerah di kirimkan ke Sulteng.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024