Mamuju (Antaranews Sulsel) - Dinas Informasi, Komunikasi dan Persandian (DisKominfoSandi) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menggelar pelatihan peningkatan wawasan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai upaya menangkal "Hoax" atau informasi yang tidak benar.

"Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di setiap desa diharapkan mampu memperkuat penyebaran informasi dan menangkal `hoax` atau," kata Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Diskominfo dan Persandian Mamuju Ita Sari Darmawati, Jumat.

Selain Kabid Sarana dan Diseminasi Informasi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju, pelatihan yang diikuti 13 KIM dari Kecamatan Kalukku itu juga menghadirkan pemateri dari salah seorang wartawan media lokal yang memberikan materi dasar jurnalistik dan penulisan berita.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar agar para pengurus KIM yang telah terbentuk dapat dengan cepat menyusun informasi-informasi yang didapatkan untuk kemudian disebar ke masyarakat.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, kami harapkan para pengurus KIM dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat. Jurnalistik atau penyusunan berita ini erat kaitannya dengan tugas KIM sebagai penyampai informasi ke masyarakat," ujar Ita Sari Darmawati.

Selain menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik, Diskominfo juga mengadakan sosialisasi mengenai kiat-kiat wirausaha bagi pengurus KIM yang ada di Kecamatan Kalukku.

"Selain meningkatkan perekonomian, hal ini dimaksudkan agar para Pengurus KIM dapat lebih mandiri dalam menjalankan aktivitasnya," ucap Ita Sari Darmawati.

Salah seorang Pengurus KIM Desa Buliling, Marianus mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Diskominfo Mamuju tersebut.

Ia berharap kegiatan serupa bisa terus berlanjut dilaksanakan di Kecamatan Kalukku.

"Saya selaku KIM Desa Buliling sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ini kali pertama saya mengikuti pelatihan dasar jurnalistik. Kegiatan ini penting untuk bagaimana kami selaku KIM dapat dengan cepat membuat berita untuk kemudian disebarluaskan ke masyarakat," tutur Marten.

Senada dengan para pengurus KIM, Sekertaris Kantor Camat Kalukku, Suyitno juga menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang dilaksanakan di daerah itu.

Ia berharap para Pengurus KIM dapat segera mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan.

"Kami dari pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi kegiatan ini, khususnya pada pelatihan dasar-dasar pembuatan berita. Ini mungkin kali pertama yang dilaksanakan di Kalukku ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat terutama bagi pengurus KIM," katanya.

"Disamping itu juga kami harapkan dengan keterlibatan dan keaktifan KIM ini dapat menangkal Informasi bohong yang beredar di Kecamatan Kalukku nanti," terang Suyitno.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024