Makassar (Antaranews Sulsel) - Empat kecamatan di Kabupaten Gowa, yakni Kecamatan Bungayya, Tompobulu, Biringbulu dan Botolempangan menjadi sasaran pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018.

Program TMMD ke-103 itu dibuka secara resmi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo,  di Lapangan Mappakasunggu, Desa Malakaji, Kecamatan Tompobulu, Senin.

TMMD yang akan berlangsung mulai 15 Oktober sampai 13 November 2018 tersebut mengusung tema 'Dengan Semangat Sinergitas Kita Tingkatkan TNI-Rakyat Guna Percepatan Pembangunan di Daerah Dalam Rangka Menjaga. Keutuhan Wilayah NKRI'.

Pelaksanaan TMMD ke-103 dengan empat kecamatan sebagai program sasaran itu dilaksanakan di sepuluh lokasi, yakni di Kelurahan Sapaya,Kecamatan Bungaya melalui program pembuatan jalan beton sepanjang 186x4 meter dan pengerjaan paving blok 108 meter serta pembangunan pompa air dan rumah pompa di area persawahan.

Sementara Desa Bontobudunung Kecamatan Tompobulu program TMMD akan melaksanakan pembangunan saluran air irigasi 158 meter, dan paving blok 196x4 meter, di Kecamatan Biringbulu akan melaksanakan sejumlah program, yakni di Desa Baturape pemasangan paving blok 224x3,5 meter kemudian di Desa Lauwa pengerjaan paving blok .195 x 3,5 meter ,Desa Parangloe pembangunan saluran irigasi sepanjang 108 meter dan di Desa Batumalonro pembangunan saluran irigasi sepanjang 108 meter.

Sementara di Desa Bontolempangan Kecamatan Bontolempangan pelaksanaan TMMD dilakukan dengan membangun saluran irigasi sepanjang 108 meter.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan untuk mendukung kelancaran TMMD , namun program ini tak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan berbagai pihak para pembangkit kepentingan.

"TMMD adalah program lintas sektoral baik dari kementerian, lembaga, pemprov, pemkab dan masyarakat selama tiga kali dalam setahun. Kegiatan ini bertujuan membantu percepatan pembangunan di daerah ini tidak bisa berjalan oleh TNI saja ,namun juga dukungan kerja sama dan koordinasi akselerasi antara lembaga 'stakeholders' atau pemangku kepentingan," ujarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024