Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 500 personel TNI dan pegawai negeri sipil Kodam XIV/Hasanuddin mengikuti sosialisasi dan uji petik Program Keselamatan Berkendara dan Berlalu Lintas (PKBB) di Balai Manunggal Jenderal M Yusuf, Makassar.

"Pentingnya kegiatan ini untuk menekan terjadinya angka kecelakaan yang terjadi selama ini. Padahal keselamatan dalam berlalu lintas, merupakan salah satu hal yang wajib diutamakan oleh para pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat," kata Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono Makmur dalam sambutannya di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan ini selain bertujuan mengeliminasi jumlah korban jiwa sia-sia bagi prajurit dan PNS, akibat kecelakaan lalu lintas, juga membiasakan prajurit dan PNS dengan budaya hidup disiplin, tertib dan aman dalam berkendara, guna menghindari terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
  Personel TNI mengikuti sosialisasi dan uji petik Program Keselamatan Berkendara dan Berlalu Lintas (PKBB) di Balai Manunggal Jenderal M Yusuf, Makassar, Selasa (6/11/2018). (Ist) Diakui yang dialami prajurit saat ini, lebih banyak korban non tempur (korban kecelakaan) dari pada korban tempur. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan angin segar bagi prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, tentu perhatikan dan pelaksanaaanya di lapangan baik yang disampaikan tim Spamad, sehingga dapat dan mampu untuk mengaflikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Aspam Kasad pada kesempatan yang sama mengatakan, sering terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dialami prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat, dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kondisi kendaraan yang tidak layak pakai dan kondisi pengendara yang tidak stabil.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap kegiatan sosialisasi dan uji petik PKBB dapat meningkatkan kesadaran bagi prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin dalam berkendaraan dengan tetap mempedomani etika berkendaraan dan terus melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan secara rutin, baik fisik maupun berkas administrasinya.

Selain menggelar kegiatan sosialisasi dan uji petik PKBB, tim Staf Pengamanan Angkatan Darat yang dipimpin Waaspam Kasad Brigjen TNI Makmur Umar, juga melakukan pemeriksaan langsung terhadap seluruh kendaraan, hingga tes tulis berlalu lintas kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XIV/Hasanuddin.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024