Makassar (Antaranews Sulsel) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi awal musim penghujan mulai terjadi pada bulan November 2018 di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Musim hujan di Makassar dan wilayah sekitarnya diperkirakan bulan November dasarian I," sebut Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar M dan G, BBMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto saat dihubungi dari Makasar, Rabu.

Dia menjelaskan dalam peta digambarkan berwana hijau di wilayah Pinrang, Kecamatan Lembang lebih awal memasuki musim hujan pada Oktober dengan dasarian II diikuti beberapa kabupaten kota lainnya di Sulsel.

Selanjutnya warna-warna kuning, hijau tua, kuning tua hingga warna merah muda dan merah tua di peta menggambarkan musim hujan akan berlangsung sesuai dengan keterangan pada peta disebelah bagian kanan. Artinya hujan akan merata di semua daerah.

Sedangkan dari data BMKG peringatan dini Sulawesi Selatan 07 November 2018 pukul 06:30 WITA. Berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 07:00 WITA, di wilayah Kabupaten Bone, Wajo, Sidrap, Sinjai, Luwu wilayah Basse Sangtempe, Larompong, Larompong Selatan, Ponrang, Ponrang Selatan).

Selanjutnya, Bulukumba di wilayah kecamatan Bulukumpa, Herolangelange, dan Kajang. Selanjutnya Kepulauan Pangkep di Kecamatan Liungka Tupabbiring. Kota Palopo di Kecamatan Sendana, Mungkajang, Wara Barat dan dapat meluas ke wilayah Kota Pare-pare, Kabupaten Enrekang di Kecamatan Bungin, Buntu Batu, Maiwa.

Sedangkan di Kabupaten Luwu pada Kecamatan Latimojong, Suli Barat. Kabupaten Maros (Mallawa), Barru (Mallusetasi), Soppeng (Mario Riawa), Pinrang (Mattirobulu, Tiroang), Kabupaten Bulukumba (Ujungloe). Kondisi ini diperkirakan dapat terjadi hingga pukul 10:00 WITA.

Untuk prakiraan cuaca wilayah Sulsel dan sekitarnya hari ini, pagi hari hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel. Siang dan sore hari, hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel. Berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Maros, Masamba.

Malam hari hujan ringan di seluruh wilayah Sulsel. Berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Masamba, Palopo, Rantepao. Kecuali berawan di wilayah Watampone, Benteng dan Bantaeng.

Dini hari hujan ringan, berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Makassar, Watansoppeng, Sungguminasa, Pangkajene, Pinrang, Masamba, Palopo, Makale, rantepao, dan Barru. Kecuali berawan di wilayah Sinjai, Jeneponto, Bulukumba dan Bantaeng.

Untuk suhu Udara berkisar antara 21-33 derajat cescius. Kelembapan Udara, 60-95 persen. kecepatan angin Timur Tenggara mulai 10-40 kilometer per jam.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024