Makassar (Antaranews Sulsel) - CEO Grup Haji Kalla, Solihin Kalla dijadwalkan membuka Kalla Youth Fest (KYF) atau festival anak muda kreatif terbesar di Nipah Mall, Kota Makassar, Jumat.

Kegiatan ini berlangsung 9 hingga 11 November 2018 dan dihadiri narasumber seperti Solihin Jusuf Kalla, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, owner Net TV Wishnutama, WIR Group Daniel Surya, Grab Indonesia Ongki Kurniawan.

Selanjutnya, dari Miles Films Mira Lesmana dan Riri Riza, Bubu.com Shinta W Dhanuwardoyo, Bukalapak.com Lembu Wiworojati, Bermusik.id Adib Hidayat, Samsung Indonesia Risman Adnan dan ?Muhammad Zaidy dari Palari Films.

Tidak hanya itu dalam rangkaian kegiatan juga akan peluncuran sebuah ekosistem kreatif yang dinamakan Saoraja HUB atau semacam inkubator pengembangan intelektual property serta para inovator dan kreator di Indonesia.

"KYF ini merupakan festival anak muda pertama yang digelar di Makassar, bahkan telah menjadi pioneer di wilayah timur Indonesia. Tahun pertama, KYF telah mendapatkan respon yang cukup baik, erbukti dari antusiasme pengunjung khususnya millenial hadir melebihi target," jelas Corporate Strategic dan Development Director Kalla Disa R Novianty

KYT mengangkat tema `Be a Change Maker` dan berfokus padaCollaboration, Community and Content. Diharapkan terjadi kolaborasi ide-ide kreatif dari berbagai komunitas melalui wadah KYF. Kedepan, dapat menghasilkan konten yang tepat sasaran, update dan menjawab kebutuhan masyarakat.

Kalla Youth Fest 2017 juga memiliki target sebesar 40.000 pengunjung dari masyarakat kota Makassar dan sekitarnya. Kalla Youth Fest akan memberikan kesempatan kepada audience untuk berinteraksi lebih dekat dengan berbagai narasumber yang inspiratif.

Selain itu, belasan produk prototype startup dari Kota Makassar, puluhan UMKM dan apresiasi bagi karya instalasi seni dari seniman nasional dan lokal akan hadir di area seluas 583 m2.

Untuk mengikuti workshop, pengunjung harus melakukan registrasi via website dan membayar workshop fee senilai Rp50 ribu untuk sekali Workshop. Jika ingin mengikuti seluruh workshop, pengunjung hanya perlu membayar senilai Rp100 ribu.

Seluruh workshop fee tersebut akan disumbangkan untuk pemulihan korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"KYF akan digelar sekali kali setahun, dan diharapkan menjadi ajang perayaan anak muda kreatif yang dapat memicu percakapan hingga diskusi tentang bagaimana menyebarkan ide baik bagus sehingga anak muda mendapatkan ruang beraktifitas positif dan membicarkan hal-hal hebat di dalamnya," tambah Disa

Mendukung ruang kreatif yang lebih besar kepada pengunjung, Kalla Youth Fest hadir forum Exhibition dibidang musik, film, animasi, video, design, fotografi, kriya dan teater. Penampilan dari Guest Star The Milo serta band indie lainnya seperti Theory of Discoustic, Urbaneggs, Surgir, Loka, Myxomata Ruang Baca.

Rencananya, Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan hadir pada Sabtu, 10 November 2018 untuk membuka ruang diskusi tiga generasi Kalla Grup yakni Jusuf Kalla, Fatima Kalla dan Solihin Jusuf Kalla, Sekaligus dirangkaikan pelancuran Saoraja Hub.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024