Makassar (Antaranews Sulsel) - Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Dwi Ariwibowo mengatakan sinergitas TNI dan Polri yang telah terjalin sejak lama menjadi bagian penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Sinergi itu sudah terjalin lama hingga saat ini. Setiap saat anggota Babinkamtibmas kita di setiap kelurahan selalu melakukan patroli bersama dengan anggota Babinsa," kata Kombes Pol Dwi Ariwibowo di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan Polri menyambut positif adanya perhatian dari TNI yang memberikan bantuan terhadap polisi dalam mencari pelaku kejahatan dan membantu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurut dia, tanggung jawab dalam menjaga Kamtibmas memang berada di tangan Polri, namun dengan sinergitas yang terjalin selama ini sudah sangat membantu.

"Tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban itu bukan cuma polisi tapi semua unsur. Hanya saja polisi memang berada di garda terdepan. Sinergi dengan semua unsur, TNI, pemerintah dan masyarakat sangat membantu terciptanya situasi Kamtibmas yang aman," katanya.

Dia mencontohkan saat patroli di setiap lorong, Babinkamtibmas selalu bersinergi dengan Babinsa TNI dan lurah. Ketiga unsur tersebut, kata dia, juga biasa dibantu oleh masyarakat dalam hal ini orang yang ditokohkan.

Kombes Dwi menyatakan semua unsur-unsur tersebut hanya sebatas memberikan penyuluhan dan edukasi-edukasi, namun sekolah dan guru terbaik selalu berada dalam rumah.

"Guru terbaik itu orang tua, keluarga dan lainnya. Kalau fungsi ini dijalankan dengan baik tentu akan membentuk perilaku baik, tugas Babinkamtibas, Babinsa dan Lurah tidak lebih besar dari peran orang tua," ucapnya.

Sebelumnya, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi menekankan kepada seluruh jajarannya khususnya anggota Koramil agar membangun komunikasi dan koordinasi yang intens dalam menjaga situasi keamanan bagi masyarakat.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024