Mamuju (Antaranews Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar memberikan apresiasi pembentukan paguyuban instansi vertikal di daerah itu.

"Kami sangat bangga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan instansi vertikal yang tergabung dalam paguyuban, untuk pembangunan Sulbar. Untuk itu saya berharap, agar saling berkoordinasi dan bersinergi dengan baik, sehingga kinerjanya dapat meningkat," kata Enny Anggraeni Anwar, Kamis.

Wagub berharap, sinergitas paguyuban instansi vertikal dapat memberi manfaat bagi Pemprov dan Pemkab se-Sulbar, melalui program dan kegiatan yang terbaik, realistis dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Terkait dijadikannya Pulau Karampuang sebagai lokasi khusus (Lokus) program terpadu dari Paguyuban Instansi Vertikal tersebut, Enny Anggraeni Anwar menyatakan menyambut baik hal itu, sebab sebelumnya Pemprov Sulbar telah mencanangkan pulau tersebut sebagai Smiling Island.

"Kami menyambut baik program itu, karena sesuai dengan program kami, yaitu menjadikan Pulau Karampuang sebagai daerah wisata unggulan, yang sudah dicanangkan saat HUT ke-14 Sulbar lalu," ucapnya.

Agar hal tersebut dapat terwujud, Wagub meminta instansi vertikal dan pemda serius dan bersungguh-sungguh dalam merealisasikan program tersebut. "Jadikanlah Pulau Karampuang ini menjadi yang terbaik dalam semua program pemerintah terkait pembangunan desa, sehingga akan dikenal secara nasional,"kata Enny Anggraeni Anwar. Enny

Wagub meminta agar program itu dapat ditularkan pada kabupaten lainnya, yang juga sangat membutuhkan sentuhan pembangunan. "Kepada para bupati yang nantinya akan dijadikan lokus program terpadu, agar mengarahkan program dan kegiatan yang bersesuaian pada desa terkait," ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Sulbar Andi Rita Mariani yang merupakan salah satu perwakilan Paguyuban Instansi Vertikal mengatakan, pembentukan Paguyuban Instansi Vertikal tersebut, atas arahan Gubernur Kepada Kantor Perwakilan BPKP Sulbar dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Seiring dengan hal itu kata Rita, para pimpinan instansi vertikal mempunyai aspirasi untuk menghimpun dalam suatu forum yang dapat menyuarakan dan melaksanakan program-program secara aktif.

Terkait tugas dari Paguyuban Instansi Vertikal tersebut, Rita menyebutkan, dalam perencanaan melakukan penyelarasan dari berbagai kegiatan yang akan dilakukan secara bersama di Sulbar.

Ia berharap, lahirnya paguyuban tersebut dapat lebih nyata memberikan sumbangsi dalam rangka memajukan Sulbar yang maju dan malaqbi.

Sedangkan Kepala Desa Karampung Hasdiah, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas perhatian yang tinggi diberikan kepada desa dan masyarakat di pulau yang berada di Kabupaten Mamuju itu.

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024