Mamuju (Antaranews Sulsel) - Organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar pendidikan latihan khusus (Diklatsus) Banser siaga bencana (Bagana) dalam rangka penanganan bencana di daerah ini.

"Diklatsus Bagana dilaksanakan di Pondok Pesantren Awaluddin Kuo, Kabupaten Mamuju Tengah pada 4 hingga 9 Desember 2018," kata Ketua GP Ansor Sulbar, Sudirman AZ, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, Diklatsus diikuti 58 orang Bagana Sulbar dan pelatihan tersebut dilakukan agar Bagana siap dalam menghadapi bencana ketika sewaktu waktu terjadi di Sulbar.

"Dengan pelatihan ini diharapkan Bagana kedepan akan selalu menjadi siap dan menjadi garda terdepan dalam kegiatan kemanusiaan, terutama membantu korban yang terkena musibah," katanya.

Ia mengatakan, ?dalam setahun ini banyak terjadi bencana alam yang menimpa masyarakat sehingga Bagana harus terus dalam kondisi siap membantu korban bencana untuk mengurangi penderitaannya.

Dalam Diklatsus itu, GP Ansor Sulbar menghadirkan pemateri dan instruktur berskala nasional yang memiliki keahlian dalam tanggap bencana disamping pemateri lokal Tagana Sulbar dan TNI.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024