Mamuju, (Antaranews Sulbar) - Polda Provinsi Sulawesi Barat mengantisipasi kejahatan dan teror menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Polda Sulbar mempersiapkan langkah-langkah yang konkret untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat di Provinsi Sulbar dari berbagai kemungkinan aksi kejahatan maupun teror," kata Kapolda Sulbar Brigjen Polisi Drs Baharudin Djafar, M Si di Mamuju, Kamis.

Polda Sulbar ingin memberikan situasi tetap aman dan kondusif di masyarakat.

"Polda Sulbar tetap mengharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusivitas kamtibmas, peran serta masyarakat sangatlah diperlukan sebab kunci keamanan terletak pada masyarakat yang taat dan peduli dengan hukum yang ada," kata Kapolda.

Kapolda juga mengimbau agar seluruh masyarakat Sulbar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi-aksi kejahatan sebagai bentuk antisipasi dari segala bentuk ancaman demi keselamatan bersama.

Dia mengatakan, selain Natal dan Tahun Baru 2019, agenda kamtibmas selanjutnya adalah pemilu legislatif dan pilpres yang akan diselenggarakan secara bersama.

"Peningkatan intensitas politik tentu dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan ditambah lagi pelaksanaan kegiatan demokrasi akan dilaksanakan secara bersamaan," katanya

Apalagi ada berbagai potensi bidang keamanan yang menjadi perhatian Kepolisian antara lain pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah-belah persatuan bangsa serta penyebaran hoaks dan ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan kerawanan konflik sosial di masyarakat.

"Untuk itu, harus ada komitmen kuat dari seluruh elemen masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan seluruh rangkaian Pemilu 2019 yang aman, lancar dan damai," katanya.

Masyarakat yang akan melakukan mudik untuk bersilaturahim dengan keluarga menjelang akhir tahun 2018 diingatkan agar lebih berhati-hati lagi saat dalam perjalanan.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024