Makassar (Antaranews Sulsel) - Universitas Hasanuddin Makassar fokus untuk memperkuat kemitraan khususnya institusi di luar negeri demi mewujudkan cita-cita menjadi universitas kelas dunia atau yang biasa disebut "world class university".

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA di Makassar, Rabu, mengatakan kemitraan yang telah dijalin Unhas dengan berbagai mitra luar negeri dan dalam negeri saat ini sudah mencapai ratusan yang terdiri dari mitra luar negeri sebanyak 87 institusi, dan 183 lembaga di dalam negeri.

"Kemitraan luar negeri ini diharapkan akan mendukung pencapaian `world class university` dengan mengembangkan berbagai program, seperti `visiting professor`, `inbound` dan `outbound student`, `publication and citation collaborative` dan riset kolaboratif," jelas Prof Dwia pada acara wisuda Pascasarjana, Profesi dan Spesialis periode II di Makassar, Rabu.

Rektor menyampaikan, Unhas terus melakukan upaya pengunggulan program studi melalui peningkatan Akreditasi Unggul (A) dari BAN PT dan lembaga Akreditasi Mandiri Kesehatan atau LAM PT KES.?

Hingga Desember 2018 pada jenjang doktor telah memiliki 5 program studi yang mendapatkan Akreditasi Unggul atau 26,3 persen, magister 21 Prodi atau 41,2 persen, spesialis 14 prodi atau sebanyak 58,2 persen, dan Program Profesi sebanyak 2 Prodi atau sebanyak 5 persen.

"Adapun akreditasi internasional untuk jenjang magister yaitu magister manajemen dengan akreditasi ABEST 21. Upaya peningkatan Prodi unggul dan internasional ini akan selalu dilakukan pada tahun mendatang,"jelasnya.

Untuk mendukung pencapaian reputasi internasional, menurut Prof Dwia, Unhas melakukan berbagai kegiatan internasional, seperti seminar internasional, simposium, dan kuliah umum.

Hingga Desember 2018, telah dilaksanakan seminar dan simposium internasional sebanyak 15 kegiatan oleh masing-masing fakultas, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa pascasarjana sebagai pembicara.

Seminar tersebut sebagian besar menghasilkan publikasi dalam bentuk jurnal dan proceeding yang terindeks Scopus. Kegiatan seminar internasional ini akan dilaksanakan setiap tahunnya secara berkelanjutan.

"Sampai periode Desember 2018, jumlah publikasi dosen yang terindeks Scopus sebanyak 651 publikasi dengan jumlah sitasi 22.251. Kekayaan intelektual yang didaftarkan dosen Unhas sebanyak 100 yang terdiri atas 20 paten, 77 hak cipta, dan 3 merek," ungkapnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024