Beijing (Antaranews Sulsel) - Pemerintah China belum mendengar informasi penangkapan warga negara Kanada yang ketiga di daratan Tiongkok sebagaimana laporan koran National Post.

Dengan mengutip pihak Kementerian Luar Negeri Kanada, koran yang berbasis di Kanada tersebut menurunkan laporan bahwa Kemenlu mendapatkan informasi penangkapan seorang warga negara Kanada lainnya. Namun tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai informasi tersebut.

Menurut koran itu, Kemenlu Kanada juga tidak mengaitkan penangkapan warga negaranya tersebut dengan penangkapan Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou.

Kemenlu China juga tidak tahu mengenai penangkapan terakhir. "Saya tidak mendengar apa pun tentang informasi itu," kata juru bicara Kemenlu China Hua Chunying di Beijing, Rabu.

Sebelumnya aparat China menangkap mantan diplomat Michael Spavor dan pengusaha Michael Kovrig, keduanya warga negara Kanada.

Sampai saat ini keduanya masih dalam penyidikan aparat hukum atas tuduhan aktivitas yang mengancam keamanan nasional China.

Sebelumnya aparat Kanada atas permintaan Amerika Serikat menangkap Meng Wanzhou saat hendak pindah pesawat di Vancouver, Sabtu (1/12).

Namun Direktur Keuangan Huawei, perusahaan teknologi informasi yang bermarkas di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, itu dibebaskan dengan jaminan.

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024