Makassar (Antaranews Sulsel) - Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian menyatakan jika Indonesia adalah negara penting yang menjadi mitra dari negara Tiongkok itu karena setengah investasinya sudah masuk di Pulau Sulawesi.

"Tadi kami berbincang-bincang santai dan pak Dubes banyak bercerita tentang Indonesia dan Cina. Investasinya juga setengahnya ada di Pulau Sulawesi," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan investasi dari Tiongkok yang sudah berjalan dengan nilai investasi cukup besar berada di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan kunjungan Dubes Cina Xiao Qian ke Sulawesi Selatan khususnya di Makassar untuk menjajaki peluang kerja sama lainnya serta mengundang beberapa kepala daerah ke Tiongkok.

"Dubes Cina mengundang saya ke negaranya, mereka akan membuat kegiatan dengan mengumpulkan para pengusaha topnya untuk menjajaki peluang kerja sama," katanya.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto menyatakan selain menerima undangan itu, dirinya juga sempat menawarkan beberapa rencana proyek pengembangan Makassar untuk pengusaha dari Cina.

Beberapa program rencana yang ditawarkannya yakni, pengembangan jalan tol layang yang sedang berjalan saat ini di Jalan Andi Pangerang Pettarani.

Kemudian pengembangan kawasan reklamasi pantai serta rancangan program transportasi massal seperti kereta api dalam kota.

"Kita punya banyak rancangan program dan Makassar ini adalah hub Kawasan Timur Indonesia. Makanya, mereka mengajak kami ke Cina untuk memaparkan rencana pengembangan kota di hadapan para pengusaha-pengusaha di sana," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024