Makassar, (Antaranews Sulsel) - Wisatawan penumpang kapal pesiar Cruise MS Maasdam mengapresiasi penyambutan yang dilakukan pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Salah seorang wisatan asal Texas Amerika Serikta, Betty Curtis saat turun dari kapal pesiar yang berlabuh di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar itu menyatakan sangat senang dengan pelayanan yang ramah dan suguhan makanan dan tarian tradisional khas daerah Sulsel.

Betty yang berwisata bersama dengan suaminya mengaku sangat tertarik dan menikmati sajian kuliner dan musik akuistik yang ditampilkan untuk menghibur rombongan pesiar mancanegara itu.

Hal senada juga dikemukakan Direktur Hotel Kapal Pesiar Cruise MS Maasdam, Florin. Dia mengatakan penyambutan sebaik ini tidak akan dilupakan oleh wisatawan dari berbagai negara itu, sehingga diabadikan melalui masing-masing kamera mereka.

Kapal Pesiar Cruise MS Maadam membawa 1.218 penumpang dan 570 orang awak. Sebelum singgah di Makassar, kapal ini telah mengunjungi Slawi Bay, Pulau Komodo dan selanjutnya menuju Pelabuhan Celukan Bawang, Bali.

Para wisatawan mayoritas berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Prancis dan Australia. Selebihnya berasal dari Inggris, New Zealand, Belanda, Israel, Jerman, dan negara lainnya, dengan total kebangsaan penumpang yang ikut sebanyak 32 negara.


Manager Umum PT Pelindo IV Cabang Makassar Iskandar di sela-sela penyambutan penumpang Kapal Cruise SM Maasdam itu Manager Umum PT Pelindo IV Cabang Makassar Iskandar (kiri) dan Manager Pelayanan Kapal Pelindo IV Cabang Makassar Abd Afif (kanan) di sela-sela penyambutan penumpang Kapal Cruise SM Maasdam di Pelabuhan Makassar, Sabtu (19/1). Foto Antaranews Sulsel/S Mappong/19 mengatakan sebelu kapal pesiar itu akan bersandar di Pelabuhan Makassar, tiga minggu sebelumnya sudah memberitahukan rencana kedatangannya.

"Jadi kami sudah mempersiapkan penyambutan semaksimal mungkin, sehingga para wisatawan itu dapat menikmati perjalanan wisatanya di daerah ini," katanya.

Untuk pengamanan dan kelancaran moblitas para wisatawan, lanjut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak pengamanan di kawasan Pelabuhan Makassar, termasuk agen travel yang menjadi mitra dengan pihak kapal pesiar itu.

"Kapal ini hanya transit selama sembilan jam sejak awal kedatangannya pagi hari sampai sore hari ini," katanya.

Sementara itu, Manager Pelayanan Kapal PT Pelindo IV Cabang Makassar Abdul Afif mengatakan kehadiran kapal pesiar MS Maasdam ini merupakan kapal pesiar pertama yang berlabuh di Pelabuhan Makassar tahun 2019.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya sudah mendapatkan jadwal kapal pesiar berikutnya yang singgah di Pelabuhan Makassar pada 28 Februari 2019.
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : M Darwin Fatir
Copyright © ANTARA 2024