Makassar (Antaranews Sulsel) - Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno kembali mendatangi Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan sejumlah agenda dan diawal kegiatan pertama mengunjungi korban banjir di Jalan Malangkeri, Kecamatan Tamalate, Sabtu.

Selain mengunjungi warga korban banjir di Kelurahan Mangasa, RW 01,02,03 dan 04 jalan Malengkeri, lorong Zchar VI,VII, Makassar, tersebut, Sandi ikut menjadi pembicara dalam diskusi penanggulangan bencana banjir, bersama masyarakat dan lembaga bantuan sosial Makassar.

Ia meminta kedatangan di lokasi tersebut ?yang terkena banjir dampak dari luapan Sungai Jenebarang, tidak dikaitkan dengan kegiatan politik, sebab ini murni kegiatan ?kemanusiaan untuk membantu sesama yang tertimpa musibah.

Sandi juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang ingin membantu korban banjir dapat memberikan sumbangan para korban melalui badan Yayasan Amal Jariyah Indonesia.

Selain itu, di lokasi tersebut diketahui sebanyak 143 rumah terendam banjir dengan jumlah Kepala Keluarga 200 orang serta ribuan orang korban pada tempat lain di Makassar ikut terdampak ?hingga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Dengan melihat banyak terjadi bencana di negeri ini, kata pasangan Prabowo Subianto itu mengatakan sangat prihatin. Sehingga kedepan bila diamanahkan, akan membentuk kementerian khusus untuk penanggulangan bencana, agar ada tindakan sebelum dan sesudah bencana.

"Indonesia terletak pada `ring of fire`. Sudah saatnya kita punya kementerian untuk penanggulangan bencana tersebut," sebut Sandi.

Dia pun optimistis sesuai dengan. formal Allah SWT, dibalik kesulitan akan muncul kemudahan. Maka tentu dengan peristiwa ini Tuhan akan memudahkan jalan bagi orang-orang yang terkena musibah.

"Mudah-mudahan kita semua di sini diberikan kemudahan usai banjir ini," ucap Sandi sembari berdoa dan diamini masyarakat serta korban banjir yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Salah seorang korban banjir, Sriyanti mengatakan sejauh ini bantuan yang diberikan dinilai masih minim. Meski demikian warga tetap menunggu uluran tangan serta bantuan pemerintah setempat.

"Terutama baju sekolah dan buku-buku yang sudah terendam air tidak bisa dipakai lagi anak-anak. Mudah-mudahan ada bantuan untuk itu," katanya.

Usai mengunjungi korban banjir, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan kegiatan dengan menghadiri Tabligh Akbar, bersama Kopassandi, Wahdah Islamiyah, Hidayatullah, Darul Istiqomah, Kompleks Topaz, Masale, Kecamatan Panakkukang.

Agenda selanjutnya, mengikuti dialog penciptaan lapangan kerja `OK OCE` kaum milenial bersama Milenials MantaPS, Ruang Sandi, Sahabat Hijrah, Relawan masa depan, Permak Bodi di cafe Red Corner Goro, jala ?Yusuf Daeng Ngawing.

Kemudian agenda lain menghadiri Undangan Rezeki Sejuta Bintang `RSB` di ?Lapangan Karebosi Makassar.

Selanjutnya, pertemuan dengan masyarakat asrama haji sudiang, emak-emak, ?pekerja, buruh musiman, dan masyarakat di Asrama Haji Sudiang, Kecamatan Biringkanaya. Lalu bergeser menghadiri Silaturahmi di Pesantren Darul Alam, Gombara Makassar, Baddoka.

Dan diakhir agenda malam harinya menghadiri dialog Kesehatan, bersama Relawan Kesehatan, Guru Besar Kedokteran, Dokter Spesialis, perawat, Apoteker di hotel Novotel, Jalan Chairil Anwar Makassar.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024