Mamuju, (Antaranews Sulbar) - Sejumlah siswa/siswi dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat mengelar deklarasi Millenial Cinta Lalulintas Menuju Indonesia Gemilang.

Deklarasi Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang yang dilaksanakan di SMA 3 Polewali, pada Selasa tersebut sebagai rangkaian deklarasi Millenial Road Safety Festival 2019 yang digelar Satlantas Polres Polewali Mandar.

Pembacaan deklarasi itu dilakukan siswa/siswi dari tiga SMA di Polewali Mandar, yakni SMA Negeri 1, 2 dan 3 Polewali dengan disaksikan langsung Kasat Lantas Polres Polewali Mandar Ajun Komisaris Polisi Rusli Said serta DPD Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK).

Kasat Lantas Polres Polewali Mandar Ajun Komisaris Polisi Rusli Said mengatakan, tujuan pelaksanaan Millenial Road Safety Festival 2019, yakni dalam rangka memberdayakan kaum millenial untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan serta ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas agar tercapai "road safety" sehingga akhirnya mengurangi kecelakaan lalulintas di jalan raya.

"Kampanye keselamatan berlalu lintas dengan sasaran para generasi muda, terutama generasi pada posisi umur 17 hingga 35 tahun diharapkan bisa memberi penyadaran kepada generasi milenial dalam berlalu lintas," ujar Rusli Said.

Pada kesempatan itu, Kasat Lantas menyampaikan materi keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) kepada siswa-siswi, yakni menyampaikan pembekalan tentang pentingnya melaksanakan tertib berlalulintas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Ada tujuh prioritas tertib berlalu lintas yang dapat menurunkan fatalitas korban kecelakaan dan melaksanakan kampanye pelopor keselamatan berlalu lintas. Kegiatan ini, dilanjutkan dengan deklarasi dan glorifikasi MRSF oleh para siswa dan siswi," terang Rusli Said.

Pada kesempatan itu, Kasat Lantas memberikan apresiasi kepada dua siswa yang berhasil menjawab pertanyaan terkait permasalahan lalu lintas dengan memberikan pelayanan SIM gratis kepada kedua siswa tersebut.

Pewarta : Amirullah
Editor : M Darwin Fatir
Copyright © ANTARA 2024