Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, pada 2020 tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur di desa tetapi juga akan memprioritaskan sektor pemberdayaan.

"Sesuai arahan Bupati, ke depan diharapkan prioritas penggunaan anggaran desa itu pada sektor pemberdayaan. Bupati juga menginginkan desa memaksimalkan lahan-lahan aset desa untuk kepentingan pengembangan ekonomi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pasangkayu Arfan Lasibe, Kamis.

Penegasan itu disampaikan Arfan Lasibe pada rapat koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2018 dan persiapan penyusunan RKPDesa tahun 2020.

Rakor itu lanjutnya, penting dilaksanakan pada awal tahun, selain bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program desa tahun 2018 dan mematangkan perencanaan program desa tahun 2020 juga sekaligus melihat kesiapan desa dalam pelaksanaan program tahun 2019.

"Dengan demikian diharapkan program pembangunan di desa bisa terencana dan berjalan dengan baik. Untuk tahun ini dana desa tahap pertama itu sudah berjalan," ujar Arfan Lasibe.

Program pemberdayaan yang akan menjadi prioritas pada 2020 itu, yakni pengembangan UMKM, BUMDes dan destinasi wisata.

"Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi lokal desa, dalam rangka penguatan pondasi ekonomi desa," kata Arfan Lasibe. (A023)

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024