Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menggandeng pihak kejaksaan dan kepolisian untuk mengawal penyaluran dana pemanfaatan dana desa di daerah tersebut.

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah di Makassar, Selasa, mengaku bersyukur dengan komitmen pihak Kejati dan kepolisian untuk mengawal sehingga dana desa dapat dimanfaatkan sesuai peruntukan demi kesejahteraan masyarakat di desa.

"Hari ini kita bersyukur ada bapak Kejati, kehadiran beliau dapat memberikan keyakinan kepada kita semua akan mengawal semua program kita dalam bentuk TP4D, pendamping desa dan kepolisian," katanya.

Kehadiran Kejati Sulselbar juga tentunya begitu membantu untuk mengawasi pemerintah Sulsel, dan termasuk dengan adanya pendamping desa juga untuk sama-sama mengawasi pemerintah desa.

"Insya Allah anggaran dana desa kita terarah. Saya juga ingin menyampaikan terimakasih atas kehadiran semua disini mudah-mudahan dari sosialalisasi kinerja pembangunan desa yang lebih efektif semakin baik, dan hasilnya dirasakan betul oleh seluruh masyarakat," jelasnya pada kegiatan sosial dana desa hari ini.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu pada kesempatan yang sama juga memberikan semangat bagi seluruh pendamping desa se-Sulsel.

Ia menjelaskan, sebagai pengawas pembangunan infrastruktur di tingkat desa tentunya harus memiliki kekuatan dan keahlian yang cukup memadai.

"Para pendamping desa ini adalah orang-orang pilihan. Jadi tentunya kegiatan kita ini untuk mendorong program untuk kemajuan masyarakat kita, program prioritas pengunaan dana desa kita," ujarnya.

Nurdin Abdullah juga mengajak bersyukur bahwa Indonesia punya kekayaaan alam yang sangat luar biasa, tanah yang begitu subur, iklimnya yang mendukung, semua komuditas-komuditas bisa kita hasilkan, apalagi Sulsel ini dianugerahi dua musim.

"Ini membuktikan kita bisa memberikan jaminan kepada seluruh masyarakat Indonesia, bahwa Sulsel siap dan terus menerus menjadi penyangga pangan nasional. Tentu keberlangsungan kita harus membuka lebar kepada masyarakat kita semua," jelasnya.

Selain itu lanjut Nurdin Abdullah, anggaran dana desa saat ini sudah terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Apa yang kita butuhkan dalam mendampingi desa yang bisa diberikan agar pengawasan terus meningkat, agar terus naik dari tahun ke tahun. Tahun ini sudah di atas Rp 270 triliun untuk dana Desa kita," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024