Mamuju (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar memantau pelaksanaan pemungutan suara di Rumah Tahanan Kelas IIB Kabupaten Mamuju, Rabu.

Wagub bersama Kapolda Sulbar Brigjen Polisi Baharudin Djafar dan Bupati Mamuju Habsi Wahid meninjau langsung proses pemungutan suara oleh para warga binaan Rutan Mamuju di TPS 27.

Rombongan Wakil Gubernur disambut langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar Harun Sulianto bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan H Anwar serta Kepala Rutan Mamuju Abd Rachman.

Kunjungan Gubernur beserta rombongan selama kurang lebih 10 menit itu, dalam rangka monitoring secara langsung pelaksanaan Pemilu yang ada di Rutan Mamuju.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulbar Harun Sulianto berharap, keikutsertaan warga binaan dalam Pemilu Serentak 2019 sebagai bentuk meningkatkan kesadaran berdemokrasi dalam rangka memilih pemimpin bangsa untuk lima tahun ke depan.

"Ini merupakan salah satu keberhasilan pembinaan kesadaran berbangsa yang diberikan di Lapas maupun Rutan agar warga binaan menyadari kesalahan dan dapat menjadi warga negara yang baik dan berguna selama dan setelah menjalani masa pidana," terang Harun.

Kakanwil mengatakan, sebanyak 1.009 tahanan dan narapidana yang menempati tujuh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yang ada di Sulawesi Barat, yakni Lapas Polewali, Rutan Majene, Rutan Mamuju, Rutan Pasangkayu, LPKA Mamuju, LP Perempuan Mamuju serta Rutan Mamasa.

"Pelaksanaan pemungutan suara di Rutan maupun Lapas yang ada di Sulawesi Barat yang sedang berlangsung saat ini, berjalan tertib dan aman," kata Harun.


 

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024