Makassar (ANTARA) - Remaja Masjid tampak mulai sibuk beraktivitas di berbagai masjid menyambut bulan suci Ramadhan yang dalam hitungan jam, umat Islam akan mulai memadati masjid melaksanakan shalat tarawih.

Seperti yang terlihat di Masjid AT Taqwa Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Makassar, Minggu, sejumlah Remaja Masjid tampak sibuk membersihkan masjid dan menyiapkan segala sarana yang akan digunakan selama Ramadhan.

Mereka berbagi tugas, ada yang membersihkan lantai masjid dengan mengepel, menjemur karpet, menyikat tempat wudhu, mencuci tirai lalu kembali memasangnya, hingga menyetel alat pengeras suara.

"Persiapan Ramadhan sudah sepekan lalu, kita musyawarah untuk menyiapkan jadwal protokol juga. Tetapi bersih-bersihnya memang baru hari ini karena waktunya pas hari libur," ungkap Ketua Remaja Masjid At Taqwa Barombong, Firman Daeng Tiro.

Masjid tua yang masih dijaga kelestariannya ini rencananya akan diperbaharui dengan mencat beberapa bagian dinding. Tetapi untuk realisasinya masih sementara dibicarakan bersama pengurus masjid.

"Kami para remaja masjid siap jadi tukang dan mencet sendiri masjid ini, supaya biaya bisa diminimalisir," tandas Firman.

Selain membersihkan masjid, kata Firman, pihaknya juga telah menyiapkan agenda dan jadwal imam dan penceramah selama sebulan penuh. Sementara Remaja Masjid At Taqwa mengambil bagian sebagai protokol yang akan bergilir bagi setiap anggotanya.

Aktivitas bersih-bersih masjid juga tampak terlihat di Nurul Muslimin Desa Taipanaorang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Remaja masjid yang berusia  belasan tahun hingga 25 tahun begitu antusias menyapu dan membersihkan kaca masjid.

Sejumlah kabel listrik di beberapa bagian masjid dirapikan, bahkan remaja masjid ini juga memasang spanduk ucapan "selamat menyambut bulan suci Ramadhan".

Sejumlah pengurus mesjid juga tampak mengecek pengeras suara dari beberapa menara masjid, seperti di Masjid Ar Rahman Desa Palalakkang Kabupaten Takalar.

Pengurus masjid mengaku ini sangat penting sebagai persiapan ibadah agar lebih mantap selama Ramadhan. "Kan bagus juga kalau mulai dari salawat menyambut buka puasa bisa didengar dari masjid, jadi semua orang tidak harus liat jam untuk berbuka, cukup mendengar salawat dan tanda bedug berbuka dari masjid," tambah Daeng Pasang, Pengurus Masjid Ar Rahman.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024